Rabu 23 Mar 2022 13:40 WIB

Bangkit di Kuarter Empat, Bumi Borneo Kalahkan Bima Perkasa

Kemenangan Bumi Borneo juga tak lepas dari akurasi luar biasa melalui tembakan bebas.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pebasket Bumi Borneo Pontianak Randy Bell (kiri).
Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra
Pebasket Bumi Borneo Pontianak Randy Bell (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hingga akhir kuarter tiga Bumi Borneo Pontianak masih tertinggal sembilan poin, namun mereka berhasil bangkit dan akhirnya bisa membalikan keadaan, dan akhirnya dalam laga Rabu (23/3/2022) di Gedung Basket Senayan Jakarta mampu mengalahkan Bima Perkasa Jogja dengan skor 76-66. Asisten pelatih Bumi Borneo Rimbun Sidahuruk usai laga mengatakan, para pemain sedikit kena mental usai menderita kekalahan kemarin dari West Bandits Solo. Dan bersyukur tim bisa bangkit di kuarter penentuan. 

"Usai kalah kemarin mungkin pemain kena mental, diawal laga lumayan drop. Setelah dimotivasi bersyukur bisa bangkit. Defense kita kuarter 1-2 kacau dan bisa kita perbaiki," kata dia. 

Baca Juga

"Manajemen memang tidak targetkan playoff, coaching staff ingin lolos. Gim ini target kita menang. Semoga empat gim sisa bisa menang," ujar dia menambahkan. 

Asisten pelatih Bima Perkasa Gogor Nugroho mengungkapkan, pada laga awal timnya cukup stabil. Sayang  di kuarter ketiga dan keempat sedikit terganggu karena beberapa pemain foul trouble.

"Kami berusaha memaksimalkan energi yang ada sejauh ini dan sudah lebih baik dari sebelumnya. Kondisi mental bertanding sangat baik karena kesempatan badai cedera di musim ini, tim ini berbeda dengan kemarin pemain pilar kehilangan atau dibeli klub lain," ujar dia.

"Back up kami terlambat datang belum lagi cedera, catatan kami ada tiga pemain yang injury. Bicara mental sudah dalam kondisi yang baik terlihat di lapangan, masalah memang inkonstensi masalah di second half," kata Gogor menambahkan.

Bima Perkasa memimpin atas Bumi Borneo 21-13 akhir kuarter satu. Kemudian 45-37 menjadi skor penutup saat kedua tim masuk ruang ganti. 

Kuarter ketiga Bima Perkasa dengan tembakan tiga angka yang masih cukup akurat mampu mempertahankan keunggulan dengan 60-51. Namun banyak pemain yang foul trouble di kuarter empat Bima Perkasa tidak bisa berbuat banyak dan akhirnya kalah 66-76.

Kemenangan Bumi Borneo juga tak lepas dari akurasi luar biasa melalui tembakan bebas. Prosentase mencapai 86 persen, yakni berhasil mencetak 20 angk dari 23 kesempatan. Sebaliknya Bima Perkasa hanya 51 persen, atau 11/21 tembakan bebas. 

Randy Bell walau baru bisa mencetak angka di kuarter dua akhirnya menutup laga dengan 31 poin. Austin Mofunanya menambah 12 poin. Tiga pemain Bima Perkasa mencetak dua digit yakni Ikram Fadhil 19 poin, Indra Muhammad 17 poin dan Restu Dwi Purnomo 16 poin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement