Jumat 22 Apr 2022 22:55 WIB

Pohon Makanan Pokoknya Mati, Ribuan Bekantan di Teluk Balikpapan Terancam Kelestariannya

Peneliti sarankan tanam pohon makanan utama bekantan.

Red: Reiny Dwinanda
Dua ekor bekantan bergelantungan di dahan pohon. Dalam beberapa pekan terakhir ada ratusan pohon perepat di Teluk Balikpapan yang mengering dan kemudian mati. Pohon tersebut merupakan makanan utama bekantan.
Foto:

Untuk itu, Tri menyarankan pemerintah setempat, baik Pemkot Balikpapan maupun Pemkab Penajam Paser Utara dan pihak lain yang peduli terhadap keberlangsungan hidup bekantan, bisa bersama-sama melindungi kawasan hutan di kawasan darat atau di belakang hutan mangrove. Hal ini perlu dilakukan mengingat hutan di belakang mangrove ditumbuhi aneka jenis pohon yang bisa menjadi makanan bekantan.

"Tujuannya agar bekantan tetap lestari dan kawasan hutan juga tetap terjaga, bekantan juga tidak merambah ke pemukiman penduduk," kata Tri.

Cara lainnya adalah dengan melakukan penanaman mangrove jenis perepat. Dengan begitu, ketika kawasan yang saat ini masih ditumbuhi perepat pohon mati karena usia, kelak sudah ada pengganti dari penanaman yang dilakukan saat ini.

"Selama ini, banyak pecinta lingkungan yang melakukan penanaman mangrove di kawasan Teluk Balikpapan, tapi yang ditanam antara lain jenis avicennia dan rhizophora karena bibit ini mudah dicari, padahal ini bukan makanan utama bekantan," kata Tri.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement