Sabtu 23 Apr 2022 05:20 WIB

4 Sensasi yang Terasa di Tubuh Bisa Jadi Pertanda Kanker Paru

Sebelum terdiagnosis kanker paru, orang dapat merasakan sensasi tertentu.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Warga menunjukkan hasil rontgen paru-paru miliknya di Jakarta. Peneliti pengungkap, sensasi tubuh tertentu adalah akibat dari kanker.
Foto: Nova Wahyudi
Warga menunjukkan hasil rontgen paru-paru miliknya di Jakarta. Peneliti pengungkap, sensasi tubuh tertentu adalah akibat dari kanker.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gejala kanker sering kali tidak jelas ataupun spesifik. Hal itulah yang kerap mengakibatkan keterlambatan diagnosis. Menurut analisis retrospektif dari gejala yang dilaporkan, ada empat "sensasi tubuh" umum yang biasanya dirasakan sebelum terdiagnosis, khususnya untuk kanker paru-paru.

Tingkat harapan hidup untuk penderita kanker lebih buruk daripada penyakit lain karena gejalanya sering tidak dapat terdekteksi sejak awal. Untuk kanker paru-paru, biasanya menghadirkan banyak gejala samar yang sering disalahartikan sebagai penyakit yang kurang serius.

Baca Juga

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE, ada banyak sensasi tubuh yang tidak spesifik, tidak mudah dipahami, dan awalnya tidak dikenali sebagai indikasi kanker paru-paru. Untuk mengatasi masalah ini, studi berusaha menentukan sensasi tubuh tertentu lebih umum pada pasien kanker sebelum diagnosis.

Walaupun sulit untuk mengaitkan sensasi tubuh dengan kanker itu sendiri, namun mengidentifikasi pola di antara pasien kanker, dapat memperkuat kasus bahwa sensasi tubuh tertentu adalah akibat dari kanker. Para peneliti secara retrospektif menganalisis laporan dari 61 orang yang didiagnosis menderita kanker paru-paru di Denmark, Inggris dan Swedia. Menurut para peneliti, empat sensasi tubuh yang menonjol, antara lain:

- Kelelahan

- Sesak napas

- Rasa sakit

- Batuk

Gejala umum kanker yang harus dikenali

Ada lebih dari 200 jenis kanker yang dapat menyebabkan berbagai gejala. Terkadang gejala, terkait dengan jenis kanker tertentu.

Ada beberapa gejala umum yang terkait dengan kanker dan sangat penting untuk diwaspadai. Menurut Cancer Research UK, tanda-tanda umum termasuk penurunan berat badan, kelelahan (fatigue), atau rasa sakit yang tidak dapat dijelaskan.

Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) mengatakan, andai seseorang mendapati hasil diagnosis bukan kanker, pemeriksaan dini tetap penting. Seperti yang dicatat oleh badan kesehatan, mendeteksi kanker lebih awal berarti lebih mudah untuk mengobatinya.

"Jika dokter umum mencurigai kanker, mereka akan merujuk Anda ke spesialis, biasanya dalam waktu dua pekan," jelas NHS, seperti dikutip dari Express.co.uk, Jumat (22/4/2022).

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِنَّ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمٰتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنٰتِ وَالْقٰنِتِيْنَ وَالْقٰنِتٰتِ وَالصّٰدِقِيْنَ وَالصّٰدِقٰتِ وَالصّٰبِرِيْنَ وَالصّٰبِرٰتِ وَالْخٰشِعِيْنَ وَالْخٰشِعٰتِ وَالْمُتَصَدِّقِيْنَ وَالْمُتَصَدِّقٰتِ وَالصَّاۤىِٕمِيْنَ وَالصّٰۤىِٕمٰتِ وَالْحٰفِظِيْنَ فُرُوْجَهُمْ وَالْحٰفِظٰتِ وَالذَّاكِرِيْنَ اللّٰهَ كَثِيْرًا وَّالذَّاكِرٰتِ اَعَدَّ اللّٰهُ لَهُمْ مَّغْفِرَةً وَّاَجْرًا عَظِيْمًا
Sungguh, laki-laki dan perempuan muslim, laki-laki dan perempuan mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.

(QS. Al-Ahzab ayat 35)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement