Ahad 01 May 2022 21:06 WIB

Joel Embiid Terancam Absen Lama Akibat Cedera Wajah

Embiid mengalami cedera keretakan tulang orbita kanan di wajahnya serta gegar ringan

Red: Muhammad Akbar
Joel Embiid
Foto: AP Photo/Chris Szagola
Joel Embiid

REPUBLIKA.CO.ID, PHILADELPHIA -- Bintang Philadelphia 76ers, Joel Embiid, terancam absen lama karena cedera wajah yang dideritanya saat membantu timnya memenangi Gim 6 putaran pertama playoff Wilayah Timur NBA dengan skor 132-97 atas Toronto Raptors di Scotiabank Arena, Kanada, Kamis (28/4) kemarin.

Cedera itu terjadi di menit-menit akhir pertandingan ketika Embiid berusaha melakukan tusukan ke pertahanan Raptors dan wajahnya terkena siku tangan Pascal Siakam.

Sehari setelah pertandingan, Sixers mengumumkan bahwa Embiid mengalami cedera keretakan tulang orbita kanan di wajahnya serta gegar ringan, demikian dikutip dari situs resmi NBA, Ahad (1/5).

Bahkan Sixers sudah memastikan pebasket berusia 28 tahun itu bakalan absen dari Gim 1 semifinal Timur melawan Miami Heat di FTX Arena, Florida, pada Senin (2/5) esok, dan bakal menginformasikan lebih lanjut mengenai kondisi Embiid.

Dalam wawancara dengan NBA TV selepas Gim 6, Embiid sudah menyadari cedera yang dialaminya cukup serius.

"Saya pikir (Siakam) mematahkan tulang wajah saya," kata Embiid.

"Saya serius. Saya rasa dia mematahkan wajah saya, tapi itu biasa terjadi di fase playoff semacam ini," ujarnya menambahkan.

Absennya Embiid jelas jadi kerugian besar bagi Sixers, mengingat ia merupakan top skor di musim reguler NBA 2021-22 dan sepanjang seri putaran pertama membukukan rataan 26,2 poin dan 11,3 rebound dengan tingkat akurasi tembakan 52 persen.

Embiid yang saat ini menjadi salah satu kandidat utama peraih penghargaan Pemain Terbaik (MVP) NBA 2021-22 sebelumnya juga sudah menjalani sedikitnya tiga gim terakhir putaran pertama dengan melawan rasa sakit akibat kerobekan ligamen di jempol tangan kanannya.

Ini bukan kali pertama Embiid mengalami cedera keretakan tulang wajah, sebab pada musim 2017-18 hal serupa terjadi dengan orbita bagian kiri dan membuatnya absen sedikitnya tiga pekan. Kala itu Embiid harus menjalani operasi dan menepi dari 10 pertandingan, termasuk dua gim awal putaran pertama playoff kontra Heat.

Dalam pengumuman mereka kali ini, Sixers tak menyebutkan bahwa Embiid membutuhkan tindakan operasi untuk cedera tulang orbita kanannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement