Selasa 03 May 2022 18:43 WIB

Tips Memilih Tempat Penginapan Ketika Liburan

Memilih tempat liburan merupakan hal yang penting untuk dipertimbangkan, karena kenyamanan dalam berlibur akan mempengaruhi keadaan Anda setelah berlibur.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Tips Memilih Tempat Penginapan Ketika Liburan
Tips Memilih Tempat Penginapan Ketika Liburan

Berlibur merupakan hal yang menyenangkan dan selalu banyak ditunggu-tunggu orang. Bepergian dan melupakan sejenak segala rutinitas, akan membuat kamu menjadi bersemangat dan begitu antusias untuk mempersiapkan segalanya dengan baik. Liburan merupakan momen langka bukan? Jadi harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Kamu wajib membuat sebuah rencana yang baik sebelum pergi liburan, hal ini akan membuat kamu memiliki gambaran yang jelas mengenai perjalanan yang akan dilakukan.

Dengan memiliki rencana yang tepat, maka liburan akan jauh lebih menyenangkan dan sesuai dengan harapan tentunya. Bukan hanya tujuan liburanyang perlu dipikirkan, namun berbagai hal lainnya yang memang benar-benar dibutuhkan selama liburan.

Berlibur dan bepergian pada masa-masa liburan tentu akan berbeda dengan ketika berlibur di hari lainnya. Kamu akan membutuhkan persiapan ekstra sejak awal, sebab pada masa-masa ini bisa dipastikan hampir semua destinasi wisata akan ramai oleh pengunjung, termasuk penginapan juga. Jadi harus mempersiapkannya sejak jauh-jauh hari sebelumnya.

Memilih tempat menginap / hotel ketika liburan, bisa jadi sebuah pekerjaan yang gampang-gampang susah untuk Anda lakukan, terutama jika Anda akan mendatangi sebuah tempat liburan yang baru.

Namun jangan asal pilih saja, sebab hotel akan menjadi tempat tinggal sementara selama liburan, jadi kamu harus memilih yang paling tepat dan sesuai bagi kebutuhan. Simak beberapa tips di bawah ini, yang bisa dipertimbangkan untuk menemukan hotel yang tepat di saat liburan:

 

1. Cek Budget

Budget Liburan

Ketika akan liburan, tentu perlu mempersiapkan sejumlah dana untuk kebutuhan tersebut. Besaran dana ini tentu akan sangat tergantung pada kondisi keuangan, karena itu penting untuk memastikan sejak awal, berapa sebenarnya budget yang akan dikeluarkan untuk menginap selama liburan nanti.

Jika telah memiliki anggaran yang tepat, meski hanya baru perkiraan saja, namun akan jauh lebih mudah untuk menemukan sebuah hotel yang tepat untuk liburan nanti.

Jangan memaksakan sejumlah anggaran yang tidak mampu dipenuhi, sebab liburan bukan hanya mengeluarkan sejumlah dana untuk menginap saja, tetapi Anda akan mengeluarkan sejumlah uang untuk berbagai hal lainnya selama di sana nanti.

2. Lokasi Hotel

Lokasi Hotel

Setelah pertimbangan budget, maka bisa mulai mencari-cari hotel yang paling tepat untuk dijadikan tempat menginap selama liburan. Pertimbangkan lokasi hotel yang akan Anda gunakan dengan lokasi tempat-tempat wisata yang akan dikunjungi nanti.

Jangan sampai memilih sebuah hotel yang jaraknya jauh sekali dari berbagai tempat wisata tujuan Anda tersebut. Hal seperti ini akan membuat kamu terpaksa mengeluarkan sejumlah dana tambahan untuk biaya transportasi.

Selain jarak dengan tempat-tepat wisata, wajib juga mempertimbangkan lokasi hotel dengan fasilitas angkutan umum, misalnya jalur bis atau kereta terdekat.

Kamu akan kesulitan untuk bepergian kemana-mana, jika ternyata lokasi hotelnya terlalu jauh dari jalur angkutan umum. Atau, kamu akan memboroskan sejumlah uang untuk menggunakan taksi setiap kali akan bepergian nanti.

Baca Juga: Poin dan Miles Kasih Keuntungan Ekstra saat Liburan, Ini Panduannya untuk Para Pemula

3. Tempat Makan

Tempat Makan

Masih terkait dengan poin di atas, kamu juga harus mempertimbangakan untuk memilih sebuah hotel yang dekat dengan keramaian dan juga tempat-tempat makan. Mungkin menginap di hotel yang sepi dan jauh dari keramaian akan terasa menyenangkan, namun bisa saja kesulitan mencari makan di tempat seperti ini.

Jika memilih sebuah hotel yang tidak terlalu jauh dari keramaian, maka biasanya akan jauh lebih mudah menemukan tempat makan dan juga berbagai hal lainnya yang bisa saja dibutuhkan selama liburan.

Tempat seperti ini juga biasanya banyak dilalui angkutan umum, jadi tidak akan kesulitan saat akan bepergian ke mana-mana dengan menggunakan angkutan umum.

4. Kondisi Keamanan

Keamanan Hotel

Jangan menginap di hotel yang tidak jelas, artinya lokasinya berada di kawasan yang tidak aman terhadap berbagai tindak kejahatan. Bagaimanapun juga, keamanan selama liburan adalah hal yang paling utama dan harus selalu dijaga.

Pilih sebuah hotel yang berada di lokasi / kawasan yang aman, sehingga liburan tetap bisa menyenangkan dan kamu tinggal di hotel tersebut dengan perasaan yang nyaman dan tenang.

5. Kebersihan

kebersihan hotel

Kamu tentu tidak ingin menginap di sebuah hotel yang jorok dan memiliki kondisi kebersihan yang jauh dari standar layak. Ini sangat penting untuk dipertimbangkan, karena akan mempengaruhi kenyamanan dan bahkan kesehatan selama liburan.

Pilih sebuah hotel yang bersih dan layak untuk dijadikan sebagai tempat menginap selama liburan. Tidak harus selalu mewah, namun sebuah hotel yang memiliki fasilitas standar sekalipun bisa saja layak untuk ditinggali, jika kondisinya dalam keadaan bersih. Hotel yang bersih akan membuat kamu nyaman dan bisa menikmati liburan dengan menyenangkan.

Baca Juga: Hotel Kapsul Futuristik dengan Lokasi Super Strategis

6. Fasilitas Hotel

fasilitas hotel

Hal selanjutnya yang patut untuk dipertimbangkan adalah mengenai fasilitas apa saja yang dimiliki oleh hotel tersebut. Tentu tidak akan mau mengeluarkan sejumlah uang hanya untuk membayar sebuah hotel yang tidak memiliki fasilitas yang layak, bukan?

  • Kamar Mandi

Tidak semua kamar hotel memiliki kamar mandi di dalam, terutama hotel dengan kelas melati. Kamu harus memastikan hal ini terlebih dahulu, apalagi jika  memang tidak terbiasa dan tidak ingin berbagi kamar mandi dengan tamu lainnya.

Fasilitas kamar mandi dalam adalah salah satu hal yang penting untuk diperhatikan, ini bisa membuat liburan menjadi kurang nyaman, terutama jika tidak terbiasa menggunakan kamar mandi di luar kamar.

  • Wi-Fi

Jangan tanya bagaimana pentingnya fasilitas ini bagi orang-orang, sebab saat ini hampir semua orang tidak bisa dipisahkan dari internet.

Akan sangat menyenangkan jika Anda menginap di hotel yang memiliki fasilitas Wi-Fi di dalamnya, karena Anda tentu akan membutuhkan hal tersebut selama liburan juga. Namun jangan lupa untuk menanyakan juga, apakah fasilitas tersebut bisa Anda akses gratis atau harus berbayar.

  • Sarapan Pagi

Sebagian hotel menyediakan ini, namun banyak juga yang tidak. Tanyakan hal ini sejak awal kepada pihak hotel, jangan sampai membayar sejumlah biaya sewa yang mahal dan tidak sesuai dengan fasilitas apa yang didapatkan.

Jika hotel tidak menyediakan sarapan pagi, maka bisa melakukannya di tempat lain, meskipun ini agak merepotkan sebenarnya karena kamu akan keluar hotel untuk mencari sarapan di pagi hari.

  • Waktu Check-in

Bisa saja kamu tiba di tempat tujuan liburan ketika hari masih sangat pagi, lalu ke mana kamu akan pergi? Tanyakan kepada pihak hotel, apakah bisa melakukan check-in lebih awal, sehingga tidak akan terlantar di tempat liburan.

Ini bisanya akan sangat sulit untuk dilakukan ketika masa liburan, sebab kamar hotel pada umumnya akan penuh semua. Jadi sangat penting untuk menanyakan hal ini sejak awal, terutama jika memang akan tiba di tempat liburan saat hari masih sangat pagi.

7. Lihat Testimoni

review hotel

Saat ini zaman sudah canggih jadi, bisa menemukan berbagai informasi dengan sangat mudah lewat internet, termasuk berbagai informasi mengenai hotel yang akan ditinggali.

Cari dan temukan berbagai testimoni pengunjung sebelum kamu, lihat kesan mereka selama menginap di sana, sehingga \ bisa memiliki gambaran yang lebih jelas mengenai hotel tersebut. Ini bisa dijadikan sebagai salah satu patokan penilaian terhadap hotel yang akan digunakan.

8. Bandingkan

membandingkan hotel

Sebelum memilih salah satu yang paling tepat, maka wajib membandingkan satu atau dua hotel yang akan kemu pilih nantinya. Lihat fasilitas dan hal lainnya yang akan didapatkan dari masing-masing hotel tersebut, lalu pilih salah satu yang menurut kamu paling layak dan baik untuk ditinggali selama liburan.

Dapatkan sebuah kamar hotel dengan fasilitas dan juga harga yang sesuai, ooking dan buat liburan menjadi lebih mudah.

Harga yang Tepat untuk Kamar yang Tepat

Saat akan liburan, tentu begitu penting untuk memastikan akan menginap di tempat / hotel yang tepat. Artinya, hotel tersebut sesuai dengan keinginan dan juga kebutuhan selama liburan.

Selalu pertimbangkan mengenai lokasi, keamanan, fasilitas, dan berbagai aspek penting lainnya ketika memilih sebuah hotel. Sesuaikan juga dengan budget yang dimiliki, sehingga liburan bisa berjalan dengan baik dan menyenangkan.

Baca Juga: Penginapan Unik di Luar Negeri yang Bisa Jadi Pilihan untuk Berlibur

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement