Jumat 06 May 2022 21:09 WIB

Timnas U-23 Indonesia Dicukur Vietnam 0-3 di Laga Perdana SEA Games 2021

Timnas U-23 Indonesia gagal mengimbangi permainan Vietnam di babak kedua.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Endro Yuwanto
Pesepak bola timnas U-23 Indonesia Rachmat Irianto (kedua kanan) berebut bola dengan sejumlah pesepak bola timnas Vietnam dalam laga perdana Grup A Sepak Bola SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Jumat (6/5/2022). Indonesia kalah 0-3 di laga itu.
Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra
Pesepak bola timnas U-23 Indonesia Rachmat Irianto (kedua kanan) berebut bola dengan sejumlah pesepak bola timnas Vietnam dalam laga perdana Grup A Sepak Bola SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Jumat (6/5/2022). Indonesia kalah 0-3 di laga itu.

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI -- Tim nasional (timnas) U-23 Indonesia gagal meraih poin saat melawan Vietnam U-23 dalam laga perdana cabang olahraga sepak bola SEA Games 2021. Skor 3-0 untuk tuan rumah Vietnam terjadi di Stadion Viet Tri, Jumat (6/5/2022).

Timnas U-23 Indonesia menurunkan komposisi berbeda dari Piala AFF 2020. Pelatih timnas U-23, Shin Tae-yong hanya menurunkan Marc Klok dan Fachruddin sebagai tambahan kekuatan pemain senior.

Baca Juga

Sementara itu pelatih Vietnam U-23, Park Hang Seo, bisa menurunkan seluruh pemain terbaiknya. Park Hang Seo menurunkan Hung Dung dan Hoang Duc, dua pemain seniornya di lini tengah.

Babak pertama berakhir dengan skor imbang tanpa gol. Babak kedua diawali dengan serangan bertubi-tubi oleh Vietnam di lini pertahanan timnas Indonesia.

Indonesia gagal menutup pergerakan dari pemain Vietnam sehingga membuat Tiến Linh berhasil mencetak gol. Skor berubah menjadi 1-0 atas keunggulan Vietnam di menit 54.

Tertinggal satu gol membuat Shin melakukan rotasi dengan memasukkan tiga pemain sekaligus. Hasilnya pun tak buruk, penyegaran itu membuat Indonesia bisa memiliki beberapa peluang.

Menit 71, Indonesia mendapatkan peluang tendangan bebas dari pelanggaran lawan. Sayangnya tendangan Abimanyu masih bisa diantisipasi kiper Vietnam.

Justru Vietnam berhasil mencetak gol kedua setelah Dong Hung mengeksekusi bola yang mengarah tepat di depan gawang Indonesia. Vietnam unggul 2-0 dari Indonesia di menit 75.

Serangan bertubi-tubi terus dilakuan Vietnam di lini pertahanan Indonesia. Gol ketiga pun terjadi di lima menit terakhir pertandingan lewat Do Le Van. Skor berubah menjadi 3-0 atas keunggulan Vietnam di menit 86.

Wasit memberikan tambahan waktu empat menit untuk akhir pertandingan. Sayangnya Indonesia gagal mencetak gol hingga wasit meniup peluit akhir pertandingan.

Pertandingan berakhir dengan skor 3-0 atas kemenangan Vietnam. Atas hasil ini Indonesia gagal mencuri poin dari tuan rumah sehingga ada di posisi empat klasemen Grup A dengan 0 poin. Sementara Vietnam di urutan kedua dan Filipina di urutan pertama dengan tiga poin.

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia U-23:

Adi Satrio, Ilham Rio, Facruddin, Rizky Ridho, Firza Andhika (Alfreanda Dewangga 61'), Rachmat Irianto (Syahrian Abimanyu 46'), Marc Klok, Ricky Kambuaya, Saddil Ramdani (Witan Sulaeman 61'), Egy Maulana Vikri, dan Irfan Jauhari (Ronaldo Kwateh 61').

Timnas Vietnam U-23:

Văn Toản, Văn Xuân, Tuấn Tài, Thanh Bình, Việt Anh, Văn Đô, Hùng Dũng, Hoàng Đức, Hoàng Anh, Tiến Linh, dan Văn Tùng.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement