Jumat 20 May 2022 14:12 WIB

Daftar Universitas Terbaik di Indonesia, yang Mana Kampus Incaranmu?

Berikut adalah daftar universitas terbaik di Indonesia.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Daftar Universitas Terbaik di Indonesia, yang Mana Kampus Incaranmu?
Daftar Universitas Terbaik di Indonesia, yang Mana Kampus Incaranmu?

Kampus unggulan selalu menjadi incaran banyak orang. Pasalnya, universitas terbaik akan menyediakan tenaga pengajar kompeten serta transfer ilmu yang berkualitas. Alhasil, sejumlah perguruan tinggi akan lebih menonjol dan populer lantaran beragam prestasi dan riwayat kompetensinya yang kredibel.

Memilih perguruan tinggi yang tepat juga bisa menentukan jalan kesuksesan seseorang. Agar tidak salah pilih, telusuri terlebih dahulu berbagai pilihan universitas terbaik yang ada di Indonesia. Berikut 50 universitas terbaik di Indonesia menurut 4 International College & Universities (4ICU University Ranking) 2021.

Baca Juga: 10 Universitas Terbaik vs Universitas Favorit di Indonesia

50 Universitas Terbaik di Indonesia versi 4ICU UniRank 2021

Ranking

Universitas

Lokasi

1

Universitas Gadjah Mada

Sleman

2

Universitas Indonesia

Depok

3

Universitas Brawijaya

Malang

4

Universitas Airlangga

Surabaya

5

Universitas Pendidikan Indonesia

Bandung

6

Universitas Negeri Yogyakarta

Sleman

7

Institut Pertanian Bogor

Bogor

8

Universitas Diponegoro

Semarang

9

Universitas Padjadjaran

Sumedang

10

Universitas Negeri Semarang

Semarang

11

Institut Teknologi Bandung

Bandung

12

Universitas Sebelas Maret

Surakarta

13

Universitas Bina Nusantara

Jakarta

14

Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Surabaya

15

Universitas Negeri Malang

Malang

16

Universitas Udayana

Badung

17

Universitas Muhammadiyah Surakarta

Surakarta

18

Universitas Hasanuddin

Makassar

19

Universitas Muhammadiyah Malang

Malang

20

Universitas Islam Indonesia

Sleman

21

Universitas Sumatera Utara

Medan

22

Universitas Andalas

Padang

23

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Bantul

24

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Surabaya

25

Universitas Lampung

Bandar Lampung

26

Universitas Gunadarma

Depok

27

Universitas Telkom

Bandung

28

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Tangerang Selatan

29

Universitas Mercu Buana

Jakarta

30

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Malang

31

Universitas Jember

Jember

32

Universitas Jenderal Soedirman

Banyumas

33

Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Sleman

34

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh

35

Universitas Dian Nuswantoro

Semarang

36

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Pekanbaru

37

Universitas Negeri Padang

Padang

38

Universitas Esa Unggul

Jakarta

39

Universitas Bengkulu

Bengkulu

40

Universitas Negeri Surabaya

Surabaya

41

Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Bandung

42

Universitas Pasundan

Bandung

43

Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Makassar

44

Universitas Ahmad Dahlan

Yogyakarta

45

Universitas Jambi

Jambi

46

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Sleman

47

Universitas Muhammadiyah Semarang

Semarang

48

Universitas Kristen Petra

Surabaya

49

Universitas Kristen Satya Wacana

Salatiga

50

Universitas Pamulang

Tangerang

Sumber: www.4icu.org

Baca Juga: Biaya Kuliah di Universitas Indonesia

Top 10 Universitas Terbaik di Indonesia

  1. Universitas Gadjah Mada

    Universitas Gadjah Mada

    Universitas Gadjah Mada atau UGM adalah perguruan tinggi negeri yang mendapat akreditasi A dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) 2017. Dengan jumlah program studi yang meraih akreditasi A sebanyak 205 (berdasarkan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) Kemdikbudristek). 

    Sementara menurut QS World University Rankings (WUR) 2022, UGM menduduki peringkat kampus terbaik #254 sedunia. Hal itu juga yang menjadikan UGM sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

    Dengan motto “mengakar kuat, menjulang tinggi”, saat ini UGM sudah memiliki 2 sekolah (Sekolah Pascasarjana dan Sekolah Vokasi) dan 18 fakultas. Presiden Jokowi sendiri merupakan alumni UGM, jurusan Kehutanan. 

  2. Universitas Indonesia

    Universitas Indonesia atau biasa dikenal dengan sebutan UI adalah perguruan tinggi negeri yang terletak di Depok dan berbatasan dengan Jakarta Selatan. 

    Pada tahun 1950an, UI mempunyai 3 lembaga dan 9 fakultas yang tersebar di lima kota, yakni Jakarta, Bogor, Bandung, Surabaya, dan Makassar. Namun, saat ini, setidaknya terdapat 15 fakultas dengan persaingan sangat ketat dalam SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). 

  3. Universitas Brawijaya

    Universitas Brawijaya berhasil menduduki posisi ketiga universitas terbaik versi 4ICU 2021. Selain itu, Brawijaya bertengger di #42 Top Universities untuk tingkat Asia.

    Berdiri sejak Januari 1963, Universitas Brawijaya berlokasi di Ketawanggede, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur. Universitas ini mempunyai 104 program studi yang telah mendapat akreditasi A dari Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) Kemdikbudristek. 

  4. Universitas Airlangga (UNAIR)

    UNAIR didirikan pada 10 November 1954 dengan kisah sejarah yang panjang. Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum ini menyandang motto, “Excellence with Morality”. Dengan kampus utamanya yang berlokasi di Surabaya, Universitas Airlangga diketahui terakreditasi A.

    Universitas ini mempunyai total 15 fakultas. Di antaranya yaitu Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Hukum, Ekonomi dan Bisnis, Kedokteran Hewan, Vokasi, Keperawatan, Teknologi Maju dan Multidisiplin, FISIP, Perikanan dan Kelautan, Psikologi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Budaya, Sains dan Teknologi, serta Farmasi.

  5. Universitas Pendidikan Indonesia

    Kampus utama Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) terletak di Jl. Dr. Setiabudi No. 229, Isola, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat. 

    Dengan sistem multikampus, UPI mempunyai total enam kampus yang berada di Banten dan Jawa Barat, yaitu Serang, Tasikmalaya, Cibiru, Purwakarta, dan Sumedang.

    Berdiri sejak 20 Oktober 1954, dulunya UPI bernama IKIP Bandung (Institut Keguruan Ilmu Pendidikan). Dengan motto “A Leading and Outstanding University”, UPI terus meningkatkan kualitas dan kompetensinya dari hari ke hari.

  6. Universitas Negeri Yogyakarta

    Universitas Negeri Yogyakarta

    Salah satu kampus favorit lainnya ialah Universitas Negeri Yogyakarta. Berdiri sejak 21 Mei 1964, awalnya universitas ini mempunyai nama lain, yakni Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 

    Menyandang motto “Leading the Future Education”, universitas ini mempunyai sejumlah fakultas favorit. Di antaranya yaitu Ilmu Keolahragaan, Ilmu Sosial, Teknik, Ekonomi, Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Seni, Matematika dan IPA, serta beragam program pascasarjana.

    Kampus yang terakreditasi A tersebut berlokasi di Kota Pelajar, Yogyakarta. Tepatnya di Jl. Colombo Yogyakarta No. 1, Karang Malang, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

  7. Institut Pertanian Bogor (IPB University)

    Berdiri sejak 1 September 1963 di Bogor, Institut Pertanian Bogor mempunyai beragam fakultas, Sekolah Vokasi, Sekolah Bisnis, dan Sekolah Pascasarjana dengan lebih dari 100 program studi. 

    Pada 26 Desember 2000, IPB menjadi BHMN (Badan Hukum Milik Negara). Pada tahun 2005, IPB juga menerapkan sistem mayor minor bagi peserta didiknya. Ini berarti mahasiswa bisa mengambil dua jurusan atau lebih untuk ditekuni. 

    Berdasarkan penilaian dari Business Innovation Center-Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI, IPB menjadi kampus dengan inovasi paling banyak di Indonesia. Pencapaian ini bahkan bertahan hingga satu dekade lamanya (2008-2018). Kemudian IPB berganti nama menjadi IPB University pada medio tahun 2019. 

  8. Universitas Diponegoro

    Pada tahun 1957, Universitas Diponegoro (Undip) didirikan sebagai perguruan tinggi swasta. Namun di tahun 1961, Undip dengan maskot Pangeran Diponegoro ini lantas berganti menjadi perguruan tinggi negeri. 

    Kampus yang terletak di Jl. Prof. Sudarto No. 13 Tembalang, Semarang, Jawa Tengah ini memiliki beragam pilihan disiplin ilmu. Seperti Ekonomi dan Bisnis, Peternakan dan Pertanian, Perikanan dan Ilmu Kelautan, Hukum, Sains dan Matematika, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan masih banyak lagi.

  9. Universitas Padjadjaran

    Universitas Padjadjaran atau biasa disingkat Unpad telah berdiri sejak 11 September 1957 silam dan meraih akreditasi sangat baik (A). Nama Padjadjaran berasal dari Pakuan Pajajaran, sebuah kerajaan Sunda pada tahun 1473-1513 M di bawah pimpinan Raja Prabu Siliwangi. 

    Kampus utamanya berada di Jl. Raya Bandung Sumedang KM.21, Hegarmanah, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Adapun kampus keduanya terletak di Jl. Dipati Ukur, Bandung.

    Awalnya, Universitas Padjadjaran berstatus BLU (Badan Layanan Umum). Namun pada Oktober 2014, statusnya kemudian berganti menjadi PTN BH (Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum).

    Hingga kini, Unpad telah memiliki 16 fakultas dan program pascasarjana mencakup program doktor (S3), magister (S2), sarjana (S1), diploma III (D3), diploma IV (D4), hingga LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat).

  10. Universitas Negeri Semarang

    Awalnya, UNNES alias Universitas Negeri Semarang ialah eks-IKIP yang berdiri sejak 1965. Namun belakangan statusnya mengalami peningkatan menjadi universitas. 

    Sejumlah jurusan dan fakultas yang dimiliki UNNES di antaranya ialah Hukum, Ekonomi, Ilmu Sosial, Keolahragaan, Teknik, Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Seni, Matematika dan IPA, dan lainnya.

    Sementara itu, UI Green Metric World University Rankings 2021 menetapkan UNNES di peringkat #5 Nasional, ranking #43 dunia, dan dianugerahi predikat The 2021 Most Sustainably Innovative University in Indonesia.

Reputasi Kampus Menentukan Peluang Kerja

Demikianlah informasi mengenai 50 universitas terbaik di Indonesia beserta 10 kampus terunggul dan menjadi incaran banyak orang. Semakin bagus reputasi kampusmu, semakin besar pula peluangmu meraih cita-cita dan masa depan cerah di dunia kerja. Jadi, mau kuliah di kampus yang mana?

Baca Juga: Daftar Universitas di Jakarta yang Calon Mahasiswa Wajib Tahu

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement