Ahad 12 Jun 2022 20:37 WIB

Pemprov Sulbar Bangun 22 Tenda Darurat Gempa

Pemprov Sulbar membangun sebanyak 22 tenda darurat gempa.

Red: Bilal Ramadhan
Fasilitas dasar darurat bagi penyiintas gempa bumi di Mamuju, Sulbar. Pemprov Sulbar membangun sebanyak 22 tenda darurat gempa.
Foto: dok DMC DD
Fasilitas dasar darurat bagi penyiintas gempa bumi di Mamuju, Sulbar. Pemprov Sulbar membangun sebanyak 22 tenda darurat gempa.

REPUBLIKA.CO.ID, MAMUJU -- Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat membangun sebanyak 22 tenda darurat untuk pengungsi gempa di lingkungan Salunangka Kelurahan Rangas, Kecamatan Simboro Kabupaten Mamuju.

"Pemerintah Sulbar melalui Dinas Sosial Sulbar membangun sebanyak 22 tenda darurat di Salunangka Kelurahan Rangas, karena di wilayah itu kerusakan rumah warga cukup parah akibat gempa," kata penjabat Gubernur Sulbar, Akmal Malik.

Ia mengakibatkan, akibat gempa 5,8 magnitudo yang mengguncang Kabupaten Mamuju pada Rabu (8/6) puluhan rumah warga mengalami kerusakan berat di lingkungan Salunangka tersebut.

Menurut dia, di wilayah lingkungan Salunangka merupakan titik terparah dampak gempa bumi Mamuju, sehingga bantuan tenda darurat diberikan pemerintah.

"Agar warga yang rumahnya rusak parah, mendapatkan hunian sementara, maka bantuan tenda darurat ini diturunkan untuk digunakan pengungsi gempa yang rumahnya rusak," katanya.

Ia mengatakan, pemerintah Sulbar telah menyatakan status tanggap darurat gempa bumi Mamuju dari 8 Juni sampai 14 Juni 2022. Sehingga, pemerintah Sulbar melakukan pendataan rumah warga yang rusak untuk selanjutnya akan diberikan bantuan stimulan perbaikan rumah termasuk di lingkungan Salunangka tersebut.

Gubernur berharap dengan bantuan tenda darurat dan logistik berupa makanan dapat membantu meringangkan beban hidup masyarakat korban gempa di Salunangka.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto juga telah meminta pemerintah Sulbar melakukan pendataan rumah rusak akibat gempa agar dapat ditangani dan diberikan bantuan termasuk di lingkungan Salunangka tersebut secepatnya.

Gempa Mamuju sebelumnya mengakibatkan 8,159 jiwa mengungsi dan 75 unit rumah warga mengalami kerusakan parah. Selain itu mengakibatkan 17 orang warga mengalami luka berat ringan dan sedang.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis titik gempa Mamujuberlokasi di laut pada jarak 26 kilometer Kota Mamuju pada kedalaman 10 kilometer, episentrum gempa berada pada koordinat 2,77 lintangselatan dan 118,56 bujur timur.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
فَبِمَا نَقْضِهِمْ مِّيْثَاقَهُمْ لَعَنّٰهُمْ وَجَعَلْنَا قُلُوْبَهُمْ قٰسِيَةً ۚ يُحَرِّفُوْنَ الْكَلِمَ عَنْ مَّوَاضِعِهٖۙ وَنَسُوْا حَظًّا مِّمَّا ذُكِّرُوْا بِهٖۚ وَلَا تَزَالُ تَطَّلِعُ عَلٰى خَاۤىِٕنَةٍ مِّنْهُمْ اِلَّا قَلِيْلًا مِّنْهُمْ ۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاصْفَحْ ۗاِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِيْنَ
(Tetapi) karena mereka melanggar janjinya, maka Kami melaknat mereka, dan Kami jadikan hati mereka keras membatu. Mereka suka mengubah firman (Allah) dari tempatnya, dan mereka (sengaja) melupakan sebagian pesan yang telah diperingatkan kepada mereka. Engkau (Muhammad) senantiasa akan melihat pengkhianatan dari mereka kecuali sekelompok kecil di antara mereka (yang tidak berkhianat), maka maafkanlah mereka dan biarkan mereka. Sungguh, Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.

(QS. Al-Ma'idah ayat 13)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement