Selasa 14 Jun 2022 00:30 WIB

4 Jenis Olahraga Ini Bagus untuk Dirutinkan Bagi Pengidap Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi bisa diturunkan dengan diet sehat dan olahraga rutin.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Bersepeda (ilustrasi). Bersepeda, jalan kaki, latihan beban, dan berenang dapat membantu menurunkan tekanan darah.
Foto: Republika/Yasin Habibi
Bersepeda (ilustrasi). Bersepeda, jalan kaki, latihan beban, dan berenang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tekanan darah tinggi dapat dihindari dengan melakukan olahraga teratur dan mengonsumsi makanan sehat. Beberapa latihan kebugaran dapat membantu melindungi dari tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi, yang juga dikenal sebagai hipertensi, adalah kondisi medis serius yang meningkatkan risiko beberapa komplikasi mematikan. Hipertensi memberikan tekanan ekstra pada pembuluh darah, yang bertanggung jawab mengalirkan darah ke organ vital tubuh.

Baca Juga

Orang dengan tekanan darah tinggi lebih berisiko terkena serangan jantung dan strok. Namun, ada sejumlah perubahan gaya hidup mudah yang dapat membantu melindungi dari hipertensi.

1. Jalan cepat

Menurut ahli jantung Wesley Tyree, berjalan dengan kecepatan sedang mengurangi kekakuan pembuluh darah. Pembuluh darah yang kaku membuat darah lebih sulit mengalir ke seluruh tubuh.

2. Bersepeda

Bersepeda atau bahkan bersepeda statis juga bisa menurunkan kekakuan pembuluh darah. Bersepeda selama 30 menit sehari atau tiga sesi 10 menit terpisah untuk efek yang paling nyata.

3. Latihan beban

Latihan kekuatan meningkatkan tekanan darah untuk sementara, tetapi memiliki dampak positif secara keseluruhan dalam jangka panjang. Ini membantu kebugaran secara keseluruhan, yang memiliki efek menurunkan tekanan darah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement