BTS Hiatus, Siapa Grup K-Pop yang Bakal Pimpin Hallyu Wave?

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq

 Anggota boy band Korea Selatan BTS.
Anggota boy band Korea Selatan BTS. | Foto: EPA-EFE/KIM HEE-CHUL

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Grup K-Pop populer, BTS, telah menyatakan hiatus atau berhenti sementara untuk aktivitas grup. Mereka akan lebih fokus menjalankan aktivitas secara individu di dunia hiburan.

Dilansir pada laman allkpop pada Jumat (17/6/2022), terdapat banyak pertanyaan mengenai sosok yang bisa menggantikan BTS selama mereka hiatus. Masyarakat mulai berpikir grup mana yang akan memimpin Hallyu Wave di industri K-pop dunia.

Dari berbagai grup yang ada di Korea Selatan, BLACKPINK digadang-gadang bakal menggantikan posisi sementara BTS. Laporan Global Hallyu Trend Report pada 2021 yang dirilis oleh Korea International Cultural Exchange Agency mengungkapkan artis Korea teratas kedua di bidang K-pop adalah BLACKPINK. 

Para ahli menilai, BTS dan BLACKPINK memang telah lama berada di posisi teratas dalam Hallyu Wave dunia. Berdasarkan peringkat penyanyi K-pop paling favorit pada tahun lalu yang dipilih oleh penggemar Hallyu di luar negeri, BTS menempati posisi pertama dengan jumlah 22 persen.

Kemudian diikuti oleh BLACKPINK dengan 12,5 persen. Peringkat selanjutnya terdapat PSY dengan 2,5 persen, TWICE dengan 2,4 persen, dan EXO 2,1 dengan persen.

Popularitas BLACKPINK terlihat lebih jelas di YouTube. Pada Kamis (16/6/2022), pelanggan saluran YouTube resmi BLACKPINK mencapai 74,7 juta. Jumlah ini membuatnya menjadi peringkat pertama di antara artis di seluruh dunia.

Sebagai informasi, BLACKPINK memulai debutnya pada Agustus 2016. Grup yang digawangi Jennie dan kawan-kawannya ini mendapatkan popularitas luar biasa di YouTube dari promosi album pertama mereka.

Dua tahun setelahnya, grup pelantun Kill This Love ini menandatangani kontrak dengan Interscope Records. Perusahaan ini merupakan sebuah label yang berada di bawah Universal Music.

Grup ini membangun pengakuan internasional melalui kolaborasi dengan bintang pop kelas dunia seperti Lady Gaga, Selena Gomez, Dua Lipa, dan Cardi B. Di samping itu, terdapat alasan lain yang membuat BLACKPINK dapat memperluas pengaruh global mereka.

Salah satunya, yakni grup tersebut terdiri atas anggota dari latar belakang budaya yang berbeda. Jisoo dibesarkan di Korea, Rose dibesarkan di Selandia Baru, Jennie belajar di luar negeri, dan Lisa dari Thailand.

Menurut Prof Lee Taek Kwang dari Universitas Kyunghee, BLACKPINK tidak hanya mendapatkan banyak popularitas di Asia Tenggara tetapi juga di Eropa. “Mereka berhasil mengekspresikan dirinya melalui musik,” katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


BTS Tegas Bantah Grup tidak Bubar, Anggota Hanya Ingin Fokus Solo Karier

BTS Umumkan Hiatus, Saham Hybe Langsung Terjun Bebas

Jin BTS Mengaku Kini Lebih Percaya Diri

Usai Pengumuman Hiatus, V BTS Tulis Surat Emosional untuk ARMY

BTS akan Vakum, Suga: Tidak Berarti Bubar

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark