Jumat 17 Jun 2022 22:23 WIB

Gagal Revans dari Axelsen, Ginting Tersingkir di Perempat Final

Dalam lima laga terakhir vs Viktor Axelsen, Anthony Ginting selalu kalah.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting.
Foto: EPA-EFE/MAST IRHAM
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anthony Sinisuka Ginting gagal melakukan revans terhadap Viktor Axelsen. Dalam laga perempat final Indonesia Open 2022 di Istora Senayan Jakarta, Jumat (17/6/2022) malam, Ginting kalah dari Axelsen dengan skor 13-21, 21-19, dan 9-21.

Pekan lalu, di semifinal Indonesia Masters 2022 Ginting kalah 15-21, 15-21. Ginting menjadi pebulu tangkis Indonesia ketiga dari empat wakil Indonesia yang tersingkir saat berlaga di babak perempat Indonesia Open 2022.

Baca Juga

Pada pertandingan ini, peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 itu sudah menampilkan permainan terbaiknya. Sayang usaha pemain asal Cimahi itu gagal berbuah kemenangan seusai Axelsen yang merupakan tunggal putran ranking satu dunia tampil dominan sepanjang laga.

Unggulan kelima di turnamen Indonesia Open itu sampai jatuh bangun menahan gempuran Axelsen di laga ini sebelum akhirnya harus mengakui keunggulan wakil Denmark itu dalam tempo 1 jam 7 menit.

"Pertandingan hari ini berlangsung ketat di gim pertama dan kedua. Saya sudah berusaha menekan lawan sepanjang laga, sayang saya masih belum bisa mengimbangi permainan lawan di pertandingan kali ini," ujar pemain kelahiran 11 Mei 1996 itu.

Kegagalan Ginting di babak ini diapresiasi oleh pelatih tunggal putra Indonesia Irwansyah. Menurut mantan pelatih Irlandia Utara itu, permainan Ginting secara keseluruhan sudah sangat baik dengan melaju hingga babak delapan besar turnamen BWF level 1000 itu.

"Menurut pandangan saya, Ginting sudah bermain maksimal hanya di gim terakhir terpancing permainan Viktor Axelsen,” jelas Irwansyah. "Sayang angin di laga ini kurang bersahabat, jadi saat menyerang bola agak melebar. Secara keseluruhan permainan Ginting sudah bagus dan saya sebagai pelatih bangga dengan permainan dia seperti itu.”

Irwansyah perlu memutar otak lebih keras untuk bisa mengembalikan kepercayaan diri Ginting mengingat dalam lima laga terakhir selalu kalah dari pemain ranking satu dunia itu.

“Berbicara strategi, kami sudah mengerahkan semuanya hanya saja Axelsen sedang dalam performa terbaik. Berbicara strategi sudah dibicarakan semuanya tapi faktor lain seperti angin dan lapangan turut menentukan,” imbuh Irwansyah.

Dengan kemenangan ini, Viktor Axelsen berhak melaju ke babak semifinal Indonesia Open 2022. Pada babak empat besar, peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 itu akan menghadapi tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia.

Pebulu tangkis asal Negeri Jiran itu mengalahkan wakil Singapura, Loh Kean Yew, dengan skor 21-18, 16-21, dan 22-20 dalam tempo 1 jam 5 menit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement