Sabtu 18 Jun 2022 14:10 WIB

Apple Berencana Luncurkan MacBook OLED 13,3 Inci di 2024

layar OLED nantinya akan menggunakan teknologi layar yang disebut "tandem stack"

Red: Gita Amanda
Apple nampaknya berencana meluncurkan MacBook baru dengan layar OLED berukuran 13,3 inci di 2024.
Foto: Reuters
Apple nampaknya berencana meluncurkan MacBook baru dengan layar OLED berukuran 13,3 inci di 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple nampaknya berencana meluncurkan MacBook baru dengan layar OLED berukuran 13,3 inci di 2024. Kabar itu disampaikan oleh salah satu sumber di industri yaitu CEO Display Supply Chain Consultants Ross Young dengan mengabarkan produk berlayar OLED itu juga akan muncul untuk iPad.

"Tampaknya semakin besar kemungkinan bahwa Apple akan meluncurkan notebook OLED 13,3" pada tahun 2024 selain OLED 11" dan iPad Pro 12,9". Mungkin akan berupa MacBook Air, tetapi berpotensi menjadi MacBook, MacBook Pro atau kategori baru," kata Ross dikutip dari GSM Arena, Sabtu (18/6/2022).

Baca Juga

Analis itu menyebut ada potensi Apple akan memperkenalkan kategori MacBook baru, menyegarkan MacBook Air atau MacBook Pro. Mengingat MacBook Air baru saja dikenalkan kembali di tahun ini, sementara kemungkinan MacBook Pro baru atau kategori MacBook baru sepertinya lebih mungkin. Namun, kemungkinan informasi ini masih akan berubah hingga 2024.

Sementara itu, untuk model iPad Pro 11 inci dan 12,9 inci dengan layar OLED nantinya akan menggunakan teknologi layar yang disebut "tandem stack" dan dapat meningkatkan daya tahan panel sekaligus mengurangi konsumsi daya hingga 30 persen. Lebih lanjut, panel OLED Apple yang terbaru diharapkan memiliki kecepatan refreshratevariabel untuk efisiensi tambahan.

Sebelumnya, MacBook Pro 14 dan 16 inci Apple adalah satu-satunya laptop yang ditawarkan Apple dengan layar OLED yang disebut Apple sebagai 'Liquid Retina XDR'. Sebuah laporan baru-baru ini menunjukkan bahwa Apple sedang mengerjakan MacBook Air 15 inci. Sesuai laporan itu, ada juga rencana untuk MacBook 12 inci yang lebih kecil. Chip M2 Pro dan M2 Max Apple diperkirakan akan mulai diproduksi massal pada akhir tahun ini oleh TSMC dan MacBook Pro 14 dan 16 inci yang diperbarui mungkin akan tiba pada awal tahun depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement