Rabu 22 Jun 2022 19:29 WIB

Usulan Nama Pengganti JIS Dikirim ke Anies, JJ Rizal: Durhaka Kalau Gak Diterima

JJ Rizal sebut penggantian nama JIS kalau tak diterima durhaka dengan sejarah Jakarta

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Bilal Ramadhan
Sejarawan JJ Rizal sebut penggantian nama JIS kalau tak diterima durhaka dengan sejarah Jakarta.
Foto: Republika/Agung Fatma Putra
Sejarawan JJ Rizal sebut penggantian nama JIS kalau tak diterima durhaka dengan sejarah Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menerima petisi usulan pergantian nama JIS menjadi Stadion MH Thamrin dari sejarawan JJ Rizal dan Change.org. Dia memastikan, usulan itu akan ditampung pihak dia dengan berbagai pertimbangan.

“Makasih ya, belum tentu disetujui ya, diterima dulu, thank you,” kata Anies kepada JJ Rizal di Balai Kota DKI, Rabu (22/6/2022). Menurut dia, penerimaan usulan itu maupun tidak nantinya akan dipertimbangkan lebih jauh.

Baca Juga

Sementara itu, JJ Rizal, mengatakan, pihaknya hingga kini menganggap jika stadion megah yang selesai pada masa pemerintahan Anies itu belum memiliki nama. Menurut dia, JIS hanya predikat proyek yang mencakup kelas internasional dan lokasi yang berada di Jakarta.

“Kami masih memberi usulan nama sama pak Anies, nama paling cocok itu MH Thamrin,” kata JJ Rizal.

Alasan pemberian nama itu karena sebagai putra Betawi dan pahlawan nasional. Bahkan, dia juga menyebut pahlawan itu sebagai pahlawan di bidang sepak bola. Karenanya, dia meminta ada penghargaan dan simbolisasi nama melalui stadion tersebut.

Ditanya respons Gubernur DKI yang masih menggantungkannya, dia tak menampik. Tetapi, kata dia, terpenting usulan telah diserahkan langsung kepada Anies dan hanya tinggal menunggu keputusannya.

“Tapi kebangetan kalau enggak diterima, durhaka sama sejarah Jakarta dan Indonesia,” tutur dia.

Usulan itu, kata dia, berdasarkan riset dan petisi yang ditandatangani oleh 5.700 orang. Targetnya, kata dia, akan diteruskan hingga penamaan tersebut diresmikan menjadi nama dari stadion.

“Perlu diketahui usul ini bukan ujuk ada ya ketika stadion udah jadi, kemudian kita usulin, usulan ini udah ada sejak 2019 tanggal 15-16 Februari waktu peringatan 125 tahun MH Thamrin,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement