Rabu 29 Jun 2022 18:01 WIB

Penampakan ENIAC, Mesin Komputasi Pertama di Dunia yang Memakan Tempat 40 Lemari

Untuk menjalankan ENIAC diperlukan 160 kilowatt daya listrik.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Setyanavidita Livikacansera/ Red: Dwi Murdaningsih
Eniac, komputer generasi pertama di dunia
Foto: Historia
Eniac, komputer generasi pertama di dunia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Electrical numerical integrator and calculator (ENIAC) adalah mesin komputasi pertama di dunia. Mesin ini dibuat sekitar tahun 1940-an. Alat ini dibuat dengan oleh militer Amerika Serikat.

Pembuatnya adalah John Mauchly dan John Presper Eckert. Mauchly, yang pernah bertugas di militer, mendapat kepercayaan sebagai kepala konsultan dan Eckert sebagai chief engineer.

Baca Juga

ENIAC adalah bagian teknologi yang rumit dan terperinci pada masanya. Perangkat ini memakan tempat sekitar 40 lemari setinggi 2,74 meter. Besar sekali. 

Mengenal ENIAC, Komputer Elektronik Serbaguna Pertama di Dunia

Mesin ini juga berisi 17.468 tabung vakum bersama dengan 70 ribu resistor, 10 ribu kapasitor, 1.500 relays, 6.000 saklar manual, dan lima juta sambungan solder.

Dimensinya mencapai 167 meter persegi di ruang lantai dan beratnya mencapai 30 ton. Untuk menjalankan ENIAC diperlukan 160 kilowatt daya listrik.

Sementara untuk mendinginkan mesinnya, diperlukan dua kipas berkekuatan 20 tenaga kuda. Banyaknya energi yang digunakan untuk operasional ENIAC menye bab kan rumor bahwa menyalakan me sin akan menyebabkan Kota Philadelphia mengalami pemadaman listrik.

Namun, cerita tersebut, yang pertama kali dilaporkan secara tidak benar oleh Philadelphia Bulle tin pada 1946, telah diabaikan. Cerita tersebut pun dianggap sebagai mitos urban.

Walau ENIAC dikembangkan pada era yang belum dipenuhi ino vasi seperti saat ini, mesin ini me miliki kemampuan yang tidak kaleng-kaleng. Dikutip dari ZDNet, Selasa (19/4/2022), profesor dari Universitas Pennsylvania, Irving Brainerd memperkirakan bahwa selama 80.223 jam ENIAC beroperasi, mesin ini telah mengerjakan lebih banyak perhitungan daripada yang dilakukan oleh seluruh umat manusia sejak waktu dimulai.

"Pada masanya, memang ada beberapa mesin lain yang juga dapat melakukan komputasi. Namun, ENIAC benar-benar futuristik," ujar Brainerd mengungkapkan.

Hanya dalam satu detik, ENIAC dapat langsung dinyalakan dan melakukan 5.000 penambahan, 357 perkalian, atau 38 pembagian.

Penggunaan tabung vakum alih-alih sakelar dan relays juga menghasilkan peningkatan kecepatan. Namun, ENIAC ternyata tetap memiliki aspek kelambatan, yaitu bukan merupakan mesin yang cepat untuk diprogram ulang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement