Rabu 29 Jun 2022 19:23 WIB

Pemkab Cilacap Targetkan 5.000 ekor Sapi Divaksinasi PMK

Vaksinasi dilakukan petugas medik veteriner dan paramedik veteriner Dinas Pertanian

Rep: idealisa masyrafina/ Red: Hiru Muhammad
Vaksinasi PMK di Cilacap. Pemkab Cilacap menyediakan 5000 dosis vaksin PMK untuk ternak di 16 kecamatan.
Foto: Dokumen
Vaksinasi PMK di Cilacap. Pemkab Cilacap menyediakan 5000 dosis vaksin PMK untuk ternak di 16 kecamatan.

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP--Kabupaten Cilacap menargetkan sebanyak 5.000 sapi untuk divaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Vaksinasi ini telah dimulai sejak Senin (27/6/22) dan rencananya akan dilaksanakan di 16 kecamatan.

Sub Koordinator Kesehatan Hewan dan Kesmavet Dinas Pertanian Cilacap, Slamet Sugiono menjelaskan, vaksinasi akan dilaksanakan hingga tanggal 2 Juli mendatang."Vaksinasi diprioritaskan untuk sapi betina, sedangkan calon hewan qurban tidak divaksin karena akan disembelih dalam waktu dekat," jelas Slamet kepada Republika, Rabu (29/6/2022).

Baca Juga

Hingga Selasa (28/6/2022), jumlah sapi yang sudah divaksinasi  mencapai 464 sapi yakni di Kecamatan Sidareja 82 ekor, Kedungreja 17 ekor, Patimuan sebanyak 32 ekor, Karangpucung 321 ekor dan Dayeuhluhur sebanyak 12 ekor. 

Vaksinasi dilakukan oleh petugas medik veteriner dan paramedik veteriner Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap dengan pendampingan dari Polsek dan Koramil setempat.

Pemilihan target vaksinasi didasarkan pada wilayah yang belum terkena imbas dengan virus PMK. Tercatat ada 16 kecamatan yang ternaknya tidak terjangkit oleh PMK. Sedangkan jumlah kecamatan yang terkana wabah PMK mencapai 9 kecamatan dengan 14 desa/kelurahan. Hingga Selasa (28/6/2022), Cilacap mencatat ada 305 ekor sapi yang tertular, dengan 128 ekor telah sembuh, 170 ekor masih dalam pengobatan, dan 7 ekor dipotong paksa.

Sementara itu untuk pasokan hewan qurban, Cilacap memiliki 5.945 ekor sapi jantan dan yang layak untuk kurban hanya sekitar 3.000 ekor. Menurut Slamet, kebutuhan qurban berdasarkan data realisasi qurban tahun 2021 kurang lebih 5.000 ekor. Akan tetapi, stok yang kurang ini dapat digantikan dengan hewan qurban lainnya."Untuk kambing dan domba stoknya surplus," kata Slamet. 

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلَقَدْ اٰتَيْنَا مُوْسَى الْكِتٰبَ وَقَفَّيْنَا مِنْۢ بَعْدِهٖ بِالرُّسُلِ ۖ وَاٰتَيْنَا عِيْسَى ابْنَ مَرْيَمَ الْبَيِّنٰتِ وَاَيَّدْنٰهُ بِرُوْحِ الْقُدُسِۗ اَفَكُلَّمَا جَاۤءَكُمْ رَسُوْلٌۢ بِمَا لَا تَهْوٰىٓ اَنْفُسُكُمُ اسْتَكْبَرْتُمْ ۚ فَفَرِيْقًا كَذَّبْتُمْ وَفَرِيْقًا تَقْتُلُوْنَ
Dan sungguh, Kami telah memberikan Kitab (Taurat) kepada Musa, dan Kami susulkan setelahnya dengan rasul-rasul, dan Kami telah berikan kepada Isa putra Maryam bukti-bukti kebenaran serta Kami perkuat dia dengan Rohulkudus (Jibril). Mengapa setiap rasul yang datang kepadamu (membawa) sesuatu (pelajaran) yang tidak kamu inginkan, kamu menyombongkan diri, lalu sebagian kamu dustakan dan sebagian kamu bunuh?

(QS. Al-Baqarah ayat 87)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement