Selasa 05 Jul 2022 00:01 WIB

'Adik' Manchester City Bertambah, Kali Ini Palermo di Italia Diakuisisi Sheikh Mansour

Total, bos City punya saham mayoritas di sembilan klub, tersebar di seluruh dunia.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemilik Manchester City Sheikh Mansour bin Zayed al Nahyan
Foto: guardian.co.uk
Pemilik Manchester City Sheikh Mansour bin Zayed al Nahyan

REPUBLIKA.CO.ID, PALERMO -- Kerajaan sepak bola City Football Group merambah ke Italia seusai mengambil alih kepemilikan saham mayoritas tim kasta kedua, Palermo, demikian diumumkan oleh pihak klub pada Senin (4/7/2022). Palermo secara resmi menjadi klub ke-11 yang kepemilikannya berada di bawah City Football Group (CFG) dan menjadi "adik bungsu" baru bagi tim jawara Liga Premier Inggris Manchester City. 

Dikutip dari Reuters, Senin, CFG mengambil alih 80 persen kepemilikan saham Palermo, sementara mantan pemilik Dario Mirri mempertahankan sisanya dan akan tetap bertugas sebagai presiden klub. 

Baca Juga

"Target kami dalam beberapa tahun ke depan adalah kembali ke Serie A," kata Kepala Eksekutif CFG Ferran Soriano dalam jumpa pers yang dilansir Reuters, Senin. "Memang terdengar ambisius, tapi klub ini butuh tampil di Serie A dan itu jelas tidak mudah karena kami harus bekerja keras. Yang jelas Palermo bergabung dengan sebuah keluarga hari ini," ujarnya menambahkan.

City Football Group merupakan perusahaan holding yang dibentuk pada 2013 sekira lima tahun setelah inisiator utamanya, Abu Dhabi United Group, membeli Manchester City. Sejak holding itu terbentuk, Afrika menjadi satu-satunya benua yang belum terjamah dana mereka.

Dari 11 klub di bawah CFG, holding bentukan Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan itu menjadi pemilik mayoritas di sembilan klub yakni Manchester City, Melbourne City FC (Australia), Montevideo City Torque (Uruguay), Troyes (Prancis), Lommel SK (Belgia), New York City FC (Amerika Serikat), Palermo (Italia), Mumbai City FC (India), Girona (Spanyol)Sementara untuk Sichuan Jiuniu FC (China) dan Yokohama Marinos (Jepang), CFG hanya memiliki saham di bawah 30 persen.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement