Kamis 07 Jul 2022 18:05 WIB

Live Piala Presiden: Arema FC Amankan Kemenangan Atas PSIS di Semifinal Pertama

Arema FC mengalahkan PSIS 2-0 di Stadion Jatidiri.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Israr Itah
Pesepak bola PSIS Semarang Carlos Fortes (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Arema FC Sergio Silva (kanan) saat pertandingan semifinal leg 1 Piala Presiden 2022 di Stadion Jatidiri Semarang, Jawa Tengah, Kamis (7/7/2022).
Foto: ANTARA/Aji Styawan
Pesepak bola PSIS Semarang Carlos Fortes (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Arema FC Sergio Silva (kanan) saat pertandingan semifinal leg 1 Piala Presiden 2022 di Stadion Jatidiri Semarang, Jawa Tengah, Kamis (7/7/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Arema FC berhasil menaklukkan PSIS 2-0 pada leg pertama babak semifinal Piala Presiden 2022. Gol Abel Cabarra dan Gian Zola menjadi penentu kemenangan Singo Edan di Stadion Jatidiri, Semarang, Kamis (7/7/2022).

Dalam leg pertama, babak semifinal Piala Presiden ini diterapkan sistem pemutihan bagi seluruh tim. Artinya, seluruh akumulasi kartu tidak dianggap.

Baca Juga

Hal ini membuat pelatih PSIS, Sergio Alexandre menurunkan pemain terbaiknya. Trio asing, Taisei Marukawa, Carlos Fortes dan Jonathan Cantillana diturunkan untuk menjebol gawang Arema.

Dari kubu Arema, pelatih Eduardo Almeida justru tetap melakukan rotasi. Kali ini Gian Zola ditempatkan di bangku cadangan dan mempercayakan M. Rafli dipasangkan dengan Abel Issa di posisi depan.

Jalannya pertandingan

PSIS sebagai tim tuan rumah langsung mengejutkan penonton yang hadir dengan melakukan tekanan di lini pertahanan Arema. Peluang Adam Alis masih belum menjebol gawang PSIS.

PSIS kembali membuat serangan setelah Taisei menekan lini pertahanan lawan. Menit ke-20, tendangan jarak jauh Carlos masih melambung jauh dari gawang Adilson.

Menit ke-24, wasit memberikan tendangan bebas bagi Arema. Sayangnya, umpan Rafli masih bisa diantisipasi dengan baik oleh Dewangga.

PSIS terus menekan lini pertahanan Arema secara bertubi-tubi. Menit ke-34, lagi-lagi PSIS membuang peluang emas setelah sundulan Carlos masih terkena mistar gawang.

Taisei yang mencoba menekan lini pertahanan Arema kesulitan menembus hingga akhirnya diumpan ke Guntur yang masih bisa diantisipasi dengan mudah oleh Adilson. Belum ada gol yang tercipta hingga turun minum.

Pada babak kedua ini ritme pertandingan justru lebih lamban dibandingkan babak pertama. Menit ke-57 tendangan bebas PSIS dari Wawan gagal dieksekusi oleh sundulan Alie Sesay. 

Carlos Fortes yang ditarik keluar karena cedera justru membuat Arema FC mulai meningkatkan ritme permainan. Meski sempat mendapatkan serangan bertubi-tubi, Arema justru mengandalkan bola mati untuk menyerang PSIS.

Hasilnya pun terlihat ketika Arema mendapatkan tendangan bebas yang gagal disundul oleh Sergio namun bisa dieksekusi oleh Abel Cabarra. Arema unggul 1-0 dari PSIS pada menit ke-77. 

Sepuluh menit terakhir diisi oleh serangan bertubi-tubi PSIS yang mengejar ketertinggalan. Menit ke-84, peluang Taisei berhasil dipatahkan oleh Adilson Maringa. 

Arema justru menambah pundi gol dari serangan balik. Umpan Dendi berhasil dieksekusi dengan baik oleh Gian Zola yang membuat Arema FC unggul 2-0 atas PSIS. Wasit memberikan tambahan waktu tujuh menit 

Pertandingan berakhir dengan skor 1-0 atas kemenangan Arema FC atas PSIS Semarang. Laga selanjutnya, Arema akan menjamu PSIS di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada Senin (11/7/2022) mendatang. 

Daftar Susunan Pemain

PSIS Semarang: Aldhila Ray Redondo, Frendi Sasputra, Alie Sesay, Wahyu Prasetyo, Aleandra Dewangga, Fredyan Wahyu Sugiyantoro, Guntur Triaji, Wawan Febrianto, Taisei Marukawa, Carlos Fortes, dan Jonathan Cantillana.

Arema FC: Adilson Dos Santos, Bagas Adi Nugroho, Sergio Silva, Achmad Figo Ramadani, Adam Alis, Renshi Yamaguchi, Rizky Dwi Febrianto, Jayus Hariono, Irsyad Maulana, M. Rafli, dan Abel Issa Camara.

 

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَّقَوْلِهِمْ اِنَّا قَتَلْنَا الْمَسِيْحَ عِيْسَى ابْنَ مَرْيَمَ رَسُوْلَ اللّٰهِۚ وَمَا قَتَلُوْهُ وَمَا صَلَبُوْهُ وَلٰكِنْ شُبِّهَ لَهُمْ ۗوَاِنَّ الَّذِيْنَ اخْتَلَفُوْا فِيْهِ لَفِيْ شَكٍّ مِّنْهُ ۗمَا لَهُمْ بِهٖ مِنْ عِلْمٍ اِلَّا اتِّبَاعَ الظَّنِّ وَمَا قَتَلُوْهُ يَقِيْنًاۢ ۙ
dan (Kami hukum juga) karena ucapan mereka, “Sesungguhnya kami telah membunuh Al-Masih, Isa putra Maryam, Rasul Allah,” padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh adalah) orang yang diserupakan dengan Isa. Sesungguhnya mereka yang berselisih pendapat tentang (pembunuhan) Isa, selalu dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka benar-benar tidak tahu (siapa sebenarnya yang dibunuh itu), melainkan mengikuti persangkaan belaka, jadi mereka tidak yakin telah membunuhnya.

(QS. An-Nisa' ayat 157)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement