Jumat 15 Jul 2022 17:35 WIB

Pelatih RANS Nusantara Sambut Baik Kehadiran Pelatih-Pemain Asing Persija Jakarta

Pelatih dan para pemain asing Persija Jakarta merupakan sosok level dunia.

Red: Endro Yuwanto
Pelatih Persija Thomas Doll (kanan) memberikan arahan kepada pemain saat sesi latihan belum lama ini.
Foto: ANTARA FOTO
Pelatih Persija Thomas Doll (kanan) memberikan arahan kepada pemain saat sesi latihan belum lama ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- RANS Nusantara FC menyambut baik kehadiran pelatih dan pemain asing baru Persija Jakarta yang bergabung mulai musim 2022/2023. Pelatih RANS Nusantara FC Rahmad 'RD' Darmawan menyebut bahwa pelatih Persija Thomas Doll dan tiga pemain yaitu Ondrej Kudela (Ceska), Michael Krmencik (Ceska), serta Hanno Behrens merupakan sosok-sosok berkemampuan wahid juga sangat berpengalaman di Eropa.

"Kedatangan mereka memberikan atmosfer baru. Pelatih dan pemain asing Persija itu level dunia. Tentunya keberadaan mereka sangat menarik perhatian semua insan sepak bola Indonesia," ujar Rahmad dalam konferensi pers virtual sebelum pertandingan uji coba kontra Persija, Jumat (15/7/2022).

Baca Juga

Itulah yang membuat pria asal Lampung tersebut antusias menyambut laga persahabatan melawan Persija di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Bekasi, Sabtu (16/7/2022), mulai pukul 15.00 WIB.

Menurut Rahmad, akan banyak pelajaran yang bisa diambil praktisi maupun pegiat sepak bola nasional dari pelatih dan pemain impor Persija. "Saya mengucapkan selamat datang kepada Thomas Doll dan para pemain asing Persija," kata juru taktik yang pernah membawa Persipura dan Sriwijaya FC juara Liga Indonesia itu.

Penyerang RANS Nusantara FC Syamsir Alam mengatakan hal serupa dengan pelatihnya. Syamsir mengaku senang dengan keputusan Persija merekrut pelatih sekaliber Thomas Doll dan pemain-pemain impor berkualitas tinggi.

"Tak sabar rasanya berjumpa di lapangan," ujar pesepak bola berusia 30 tahun itu.

Setelah hanya menempati posisi kedelapan di Liga 1 Indonesia 2021/2022, Persija memang membuat gebrakan dengan mendatangkan pelatih serta pemain asing kelas atas agar dapat bersaing di papan atas pada musim 2022/2023.

Thomas Doll asal Jerman, dikontrak sebagai pelatih Persija. Dia berpengalaman melatih klub-klub Eropa termasuk tim besar Jerman Borussia Dortmund.

Sementara Ondrej Kudela masih tercatat sebagai bek tengah tim nasional Ceska. Ondrej dan pemain asal Ceska lainnya, Michael Krmencik, memiliki jam terbang di berbagai kompetisi elite Eropa, sebut saja Liga Champions UEFA, bahkan UEFA Nations League.

Adapun Hanno Behrens asal Jerman merupakan pesepak bola yang lama berkarier di Jerman. Sebelum berseragam Persija, dia memperkuat tim Liga 2 Jerman Hansa Rostock.

Hanno pernah berstatus kapten tim Liga 2 Jerman FC Nuernberg dan membawa tim itu ke liga teratas, Bundesliga Jerman, sebelum kembali lagi terdegradasi. Terkait pertemuan RANS Nusantara FC dan Persija, kedua tim sempat berlaga pada laga Grup B Piala Presiden 2022 di Stadion Segiri, Samarinda, 22 Juni 2022.

Ketika itu, RANS yang diperkuat pemain-pemain terbaiknya termasuk personel asing menang dengan skor telak 5-1. Berbeda dengan RANS, kala itu Persija menurunkan mayoritas pemain U-20 dan tanpa pemain impor. Skuad Macan Kemayoran pun ketika itu didampingi asisten pelatih Ferdiansyah, bukan Thomas Doll.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement