Selasa 19 Jul 2022 23:11 WIB

Dana Cukai Tembakau Diharapkan Bantu Kesejahteraan Petani Tembakau di Kuningan

APTI diharapkan dapat terus berinovasi dan berkoordinasi dengan instansi terkait

Rep: lilis sri handayani/ Red: Hiru Muhammad
 Program Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang muncul, baik kemiskinan, pengangguran, pendidikan, kesehatan, dan tingkat kesejahteraan masyarakat.  Tampak petani tembakau mengangkat tembakau yang telah dijemur di Desa Banyuresmi, Sukasari, Kabupaten Sumedang, Senin (20/6/2022).
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Program Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang muncul, baik kemiskinan, pengangguran, pendidikan, kesehatan, dan tingkat kesejahteraan masyarakat. Tampak petani tembakau mengangkat tembakau yang telah dijemur di Desa Banyuresmi, Sukasari, Kabupaten Sumedang, Senin (20/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN--Program Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang muncul, baik kemiskinan, pengangguran, pendidikan, kesehatan, dan tingkat kesejahteraan masyarakat. Hal itu terutama bagi para kelompok petani tembakau yang berada di Kabupaten Kuningan.

Hal tersebut disampaikan Sekda Kabupaten Kuningan, Dian Rachmat Yanuar, saat membuka Focus Group Discussion (FGD) Para Kelompok Petani Tembakau dan Asosiasi Petani Tembakau (APTI) Kabupaten Kuningan, di Gedung Olahraga, Desa Karanganyar, Kecamatan Darma, Senin (18/7/2022).

Baca Juga

Dian pun berharap, APTI Kabupaten Kuningan dapat terus berinovasi dan berkoordinasi dengan instansi terkait. Dengan demikian, para kelompok petani tembakau bisa mendapatkan program pelatihan, modal usaha maupun program bantuan lainnya.

‘’Sehingga kedepan, para petani yang tergabung dalam APTI Kabupaten Kuningan, taraf hidupnya dapat meningkat dan lebih sejahtera lagi. Tidak hanya mengandalkan hasil tembakau saja, tetapi bisa disiasati dengan sistem tumpangsari, peternakan atau pun usaha lainnya yang bisa menguntungkan,’’ tukas Dian.

Selanjutnya, Dian pun mengajak para pemangku kebijakan untuk tetap menjalin sinergitas. Hal itu dibutuhkan untuk mencapai hasil yang lebih baik lagi.

‘’Saya mengimbau dan mengajak kepada seluruh peserta FGD terutama Tim Verifikasi dan Monev DBHCHT Kuningan, agar dalam melaksanakan seluruh kegiatan selalu berpedoman pada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,’’ tukas Dian.

Sementara, Kepala Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Kuningan, Aris Susandi, menjelaskan, tujuan dari FGD itu adalah untuk pemberdayaan dan pengembangan usaha kelompok petani tembakau di Kabupaten Kuningan. 

Selain itu, pelaksanaan program DBHCHT di Kabupaten Kuningan juga diharapkan dapat tepat sasaran dan sesuai dengan Permenkeu Nomor 215/PMK.07/2021 tentang Penggunaan, Pemantauan, dan evaluasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau.‘’Tak hanya tertib administrasi dalam pelaporan dan proses pelaksanaannya, program DBHCHT diharapkan dapat menunjang dan meningkatkan pemberdayaan perekonomian dan kesejahteraan, khususnya bagi para petani tembakau di Kabupaten Kuningan,’’ kata Aris. 

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَقَالَتِ الْيَهُوْدُ يَدُ اللّٰهِ مَغْلُوْلَةٌ ۗغُلَّتْ اَيْدِيْهِمْ وَلُعِنُوْا بِمَا قَالُوْا ۘ بَلْ يَدٰهُ مَبْسُوْطَتٰنِۙ يُنْفِقُ كَيْفَ يَشَاۤءُۗ وَلَيَزِيْدَنَّ كَثِيْرًا مِّنْهُمْ مَّآ اُنْزِلَ اِلَيْكَ مِنْ رَّبِّكَ طُغْيَانًا وَّكُفْرًاۗ وَاَلْقَيْنَا بَيْنَهُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاۤءَ اِلٰى يَوْمِ الْقِيٰمَةِۗ كُلَّمَآ اَوْقَدُوْا نَارًا لِّلْحَرْبِ اَطْفَاَهَا اللّٰهُ ۙوَيَسْعَوْنَ فِى الْاَرْضِ فَسَادًاۗ وَاللّٰهُ لَا يُحِبُّ الْمُفْسِدِيْنَ
Dan orang-orang Yahudi berkata, “Tangan Allah terbelenggu.” Sebenarnya tangan merekalah yang dibelenggu dan merekalah yang dilaknat disebabkan apa yang telah mereka katakan itu, padahal kedua tangan Allah terbuka; Dia memberi rezeki sebagaimana Dia kehendaki. Dan (Al-Qur'an) yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu itu pasti akan menambah kedurhakaan dan kekafiran bagi kebanyakan mereka. Dan Kami timbulkan permusuhan dan kebencian di antara mereka sampai hari Kiamat. Setiap mereka menyalakan api peperangan, Allah memadamkannya. Dan mereka berusaha (menimbulkan) kerusakan di bumi. Dan Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.

(QS. Al-Ma'idah ayat 64)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement