Monday, 11 Jumadil Awwal 1444 / 05 December 2022

Monday, 11 Jumadil Awwal 1444 / 05 December 2022

11 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Kelompok Makanan Apa yang Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Payudara?

Rabu 20 Jul 2022 23:25 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Nasi putih dan lauk pauknya (Ilustrasi). Karbohidrat diketahui dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Nasi putih dan lauk pauknya (Ilustrasi). Karbohidrat diketahui dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Foto: Pixabay
Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko kanker payudara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kanker payudara merupakan kanker paling banyak yang mengenai perempuan di dunia. Siapa sangka, beberapa makanan yang biasa dikonsumsi dalam keseharian bisa ikut meningkatkan risiko penyakit ini.

Kanker payudara merupakan jenis kanker yang paling banyak ditemukan pada perempuan di dunia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa ada penambahan 2,3 juta kasus kanker payudara baru dan 685 ribu kasus kematian akibat kanker payudara pada 2020.

Baca Juga

WHO mengungkapkan bahwa ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Sebagian di antaranya adalah jenis kelamin perempuan, usia di atas 40 tahun, obesitas, konsumsi alkohol berlebih, riwayat keluarga, paparan radiasi, dan terapi hormon pasca menopause.

Sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh tim peneliti dari Prancis menemukan bahwa karbohidrat juga bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Menurut studi, karbohidrat bisa meningkatkan risiko kanker payudara hingga 20 persen.

Salah satu jenis karbohidrat yang diketahui dapat meningkatkan risiko kanker payudara adalah karbohidrat rafinasi seperti nasi putih, roti putih, dan tepung. Sumber karbohidrat lain yang juga diketahui dapat meningkatkan risiko kanker payudara adalah kentang, biskuit kreker, makanan pencuci mulut, pastry, dan sereal.

Tak hanya makanan, tim peneliti juga menemukan bahwa beberapa jenis minuman bisa memberikan efek serupa pada risiko kanker payudara. Minuman tersebut di antaranya adalah jus buah, minuman bergula, dan makanan nabati yang tak sehat.

"Studi ini menyoroti bahwa meningkatkan konsumsi makanan nabati sehat dan mengurangi konsumsi makanan nabati kurang sehat dan makanan hewani bisa membantu mencegah semua jenis kanker payudara," jelas Sanam Shah dari Centre for Research in Epidemiology and Population Health yang mempublikasikan studi ini, seperti dilansir laman Express, Rabu (20/7/2022). 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile