Selasa 02 Aug 2022 13:13 WIB

IDI Lampung: Vaksinasi Keempat untuk Perkuat Imunitas Nakes

Booster kedua penting untuk orang yang bekerja di fasilitas kesehatan.

Red: Qommarria Rostanti
Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Lampung menyatakan, pemerintah melaksanakan vaksinasi Covid-19 dosis keempat pada tenaga kesehatan (nakes). (ilustrasi)
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Lampung menyatakan, pemerintah melaksanakan vaksinasi Covid-19 dosis keempat pada tenaga kesehatan (nakes). (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Lampung menyatakan, pemerintah melaksanakan vaksinasi Covid-19 dosis keempat pada tenaga kesehatan (nakes). Hal ini dilakukan untuk memperkuat imunitas mereka terhadap infeksi virus corona tipe SARS-CoV-2 beserta varian-variannya.

"Vaksinasi keempat ini dilakukan guna memperkuat imunitas para tenaga kesehatan sehingga tidak mudah terkena Covid-19," kata Wakil Ketua IDI Lampung dr Boy Zaghlul di Bandar Lampung, Selasa (2/8/2022).

Baca Juga

Dia menyebut, vaksinasi keempat atau vaksinasi penguat kedua dibutuhkan untuk meningkatkan ketahanan tubuh tenaga kesehatan yang sehari-hari bekerja melayani pasien pada masa persebaran virus corona penyebab Covid-19 varian omicron (BA.4 dan BA.5). "Peningkatan kasus Covid-19 saat ini sedang tinggi, tidak hanya di Indonesia akan tetapi di banyak negara juga, sehingga vaksinasi booster (penguat) kedua ini guna memperkuat vaksinasi yang telah dilakukan, baik vaksin dosis 1, 2 dan 3," kata dia.

Menurut dia, vaksinasi dosis keempat sebaiknya dilakukan pada semua orang yang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan. "Jadi walaupun dia bukan nakes tapi kalau pekerjaannya di faskes dan sebagainya harus mendapatkan vaksinasi booster kedua karena mereka bisakontak langsung dengan pasien Covid-19," kata Boy.

Sementara itu, menurut data Dinas Kesehatan pada Senin (1/8) ada sembilan kasus baru Covid-19 di Lampung dengan perincian enam dari Kota Bandar Lampung serta masing-masing satu dari Kabupaten Lampung Utara, Lampung Selatan, dan Tulang Bawang Barat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement