Senin 08 Aug 2022 15:40 WIB

Luhut Sebut Tol Cileles-Panimbang Dukung Pariwisata di Banten

Luhut juga mengunjungi pembangunan pengamanan Pantai Marina Tanjung Lesung.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, pembangunan Tol Serang-Panimbang seksi tiga atau ruas Cileles-Panimbang akan mendukung pertumbuhan pariwisata di Provinsi Banten. Akses tol itu akan menghubungkan kawasan pesisir Banten.

"Sekarang, kalau kita melihat gambaran tol ini merupakan lembaran baru bagi Banten, khususnya pada sektor ekonomi bidang pariwisata, saya harap seluruh jajaran Provinsi Banten harus bisa memanfaatkan hal ini dengan baik," kata Luhut saat groundbreaking Tol Serang-Panimbang seksi tiga di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Senin (8/8/202).

Baca: Gajah Sumatra Bernama Codet Melintasi Tol Pekanbaru-Dumai

Luhut menyampaikan optimismenya, Kabupaten Pandeglang bisa menjadi tujuan wisata, mengingat jarak yang tidak terlalu jauh dari Jakarta. "Saya berharap dengan jadinya jalan tol ini, membuat daerah ini menjadi destinasi turis, dikarenakan jaraknya tidak terlalu jauh dari Jakarta, yang tadinya perjalanan darat ditempuh dalam waktu lima jam menjadi tiga jam saja," katanya.

Luhut juga mengunjungi pembangunan pengamanan Pantai Marina Tanjung Lesung, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang. Dia pun mengingatkan, pembangunan tetap harus memperhatikan lingkungan sekitar.

Baca: Fasilitas dan Layanan di Astra Cipali Menjadi Benchmarking Tol di Indonesia

 

"Seperti yang kita lihat, pembangunan ini sudah menunjukkan kemajuan pembangunan pada tanggul penahan ombak di Pantai Marina Tanjung, saya juga mengingatkan jangan lupa untuk tetap memperhatikan mangrove bagi Tanjung Lesung, karena lingkungan menjadi hal yang sangat penting bagi kita semua," kata Luhut.

Pembangunan Tol Serang-Panimbang sepanjang 83,67 kilometer (km) merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) yang terbagi menjadi tiga seksi yaitu Serang-Rangkasbitung, Rangkasbitung-Cileles, dan Cileles-Panimbang. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan Tol Serang-Panimbang rampung pada kuartal pertama 2024.

"Dari total tol, sepanjang 26,5 km Serang-Rangkasbitung sudah beroperasi, untuk seksi dua Rangkasbitung-Cileles sepanjang 24,17 km sedang dalam tahap konstruksi dengan progres lebih dari 30 persen, dan seksi tiga sepanjang 33 km menghubungkan Cileles-Panimbang," kata Basuki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement