Senin 15 Aug 2022 22:50 WIB

Ajang Balap 1000 Pembalap Meikarta Autofest 2022 Resmi Dibuka

Ketua IMI menyebut Meikarta Autofest salah satu ajang terbesar di 2022

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Peserta memacu sepeda motornya pada ajang street race (balap jalanan) di Central Park Meikarta, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (18/6/2022). Polda Metro Jaya menggelar lomba balap motor yang diikuti 1100 peserta tersebut guna memfasilitasi para pembalap agar tidak melakukan balapan liar dan berlangsung dari tanggal 18-19 Juni 2022.
Foto: ANTARA/Fakhri Hermansyah
Peserta memacu sepeda motornya pada ajang street race (balap jalanan) di Central Park Meikarta, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (18/6/2022). Polda Metro Jaya menggelar lomba balap motor yang diikuti 1100 peserta tersebut guna memfasilitasi para pembalap agar tidak melakukan balapan liar dan berlangsung dari tanggal 18-19 Juni 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Ajang akbar "Meikarta Autofest 2022" yang mempertandingkan tujuh nomor kejuaraan selama 10 hari (12-21 Agustus 2022) resmi dibuka Ketua Umum IMI, Bambang Soesatyo yang juga Ketua MPR RI, Ahad (14/8/22).

"Ini merupakan Ajang Festival Balap Mobil & Motor terbesar tahun ini, dengan tujuh Kejuaraan Nasional dan Daerah, yang setiap harinya bakal seru dan berlangsung selama 10 Hari Non-Stop," ujar Bamsoet.

Dikatakan, seribu lebih pembalap hadir di ajang "Meikarta Autofest 2022". Antara lain, 919 pembalap turun di Kejurnas 'Drag Race', 46 pembalap di Kejurnas 'Speed Offroad', 81 pembalap di Kejurnas 'Adventure Offroad', 80 pembalap di Kejurnas 'Sprint Rally', 150 pembalap di Kejurda 'Slalom', serta 25 pembalap di Kejurda 'Drifting'. 

Selain meningkatkan prestasi atlet, menurutnya, ‘event’ ini juga memberikan 'multiplier effect' yang besar bagi masyarakat. "Karena selain festival balap, Meikarta Autofest 2022 juga menyelenggarakan festival kuliner  melibatkan tidak kurang 126 UMKM. Sekaligus terdapat festival musik yang memberikan kesempatan kepada para musisi lokal dan nasional serta para seniman untuk tampil dalam 'live music performance'. Membuktikan bahwa penyelenggaraan kejuaraan balap, bisa menjadi motor penggerak perekonomian daerah hinga nasional," jelas Bamsoet.

Ia berharap, kerjasama keluarga besar IMI dengan Meikarta didukung berbagai pihak, yang selama ini telah terjalin dengan baik, harus tetap dipertahankan. "Sehingga kita bisa saling bersinergi dan menguatkan untuk membina dan meninhkatkan prestasi atlet sekaligus menggerakan perekonomian masyarakat sekitar," tutur Bamsoet.

Adapun nomor-nomor yang dipertandingkan, yakni Kejurnas 'Drag Race', Kejurnas 'Sprint Rally', Kejurnas 'Speed Offroad', Kejurnas 'Adventure Offroad', Kejurda 'Drifting', Kejurda 'Slalom' dan Kejuaraan 'Club Drag Bike'.

Dilaporkan, selain ajang balap, acara ini juga diramaikan dengan ratusan 'tenant' kuliner di Food Festival, wahana permainan anak, 'test drive' mobil serta 'Go Kart Race experience'.

Acara "Meikarta Autofest 2022" ini mendapat sambutan meriah oleh para penghuni apartemen Kota Meikarta maupun warga sekitar Kota Lippo Cikarang, Kabupaten Bekasi. 

"Kami gembira, di lingkungan Kota Meikarta semakin banyak ‘event’ kelas nasional yang membuat suasana kian hangat," kata Herman salah satu penghuni unit apartemen Meikarta, yang menonton keseruan ajang balap.

Semeñtara penghuni lainnya mengungkapkan, sangat senang dengan ‘event’ ini. Karena penghuni bisa berada dekat sekali dengan hiburan seru seperti ini, hanya selangkah dari apartemennya. Selain itu, untuk pemilik yang menyewakan unit-unitnya juga 'happy'. 

"Ini karena unitnya penuh semua tersewa. Dan juga harga-harga sewanya menjadi naik, karena permintaan yang banyak. Ya, sangat 'happy' dengan adanya ‘event’ ini," tutur mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement