Senin 29 Aug 2022 08:00 WIB

Bandara Kualanamu akan Buka Tujuh Rute ke Asia Selatan Akhir 2022

Saat ini, Kualanamu baru melayani lima rute penerbangan internasional.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Sejumlah penumpang berjalan di area terminal keberangkatan Bandara Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara, Kamis (24/3/2022).
Foto: ANTARA/Fransisco Carolio
Sejumlah penumpang berjalan di area terminal keberangkatan Bandara Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara, Kamis (24/3/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- PT Angkasa Pura Aviasi selaku pengelola Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara (Sumut), menargetkan pembukaan tujuh rute penerbangan internasional ke Asia Selatan hingga akhir 2022. Hanya saja, tujuan kota dan negara belum disampaikan ke publik.

"Kami bergerak cepat pada tahun ini yang ditargetkan Bandara Kualanamu membuka tujuh rute dari dan ke Asia Selatan," kata Head of Corporate Secretary and Legal PT Angkasa Pura Aviasi, Dedi Al Subur di Kota Medan, Provinsi Sumut, Ahad (29/8/2022).

Hingga kini, lanjut dia, terdapat lima rute internasional pergi pulang yang telah dilayani, yaitu Kulanamu-Kuala Lumpur, Kulanamu-Penang, Kualanamu-Singapura, Kualanamu-Madinah, dan Kualanamu-Bangkok. Kelima rute internasional dengan tujuan empat negara tersebut menggunakan maskapai Indonesia AirAsia, Singapore Airlines, Lion Air, Citilink, dan Batik Air.

Data Bandara Internasional Kualanamu saat ini melayani 15 ribu hingga 17 ribu penumpang dengan pergerakan pesawat 120 sampai 130 kali per hari. Angka itu merupakan rute domestik maupun internasional.

"Yang kami lakukan terus komunikasi dan koordinasi kepada airlinesdan seluruh pemangku kepentingan supaya bersama-sama meningkatkan pelayanan, keamanan, kenyamanan dan kepatuhan," ucap Dedi.

Selain itu, pihaknya mengimbau kepada pengguna transportasi udara untuk melengkapi diri dengan persyaratan yang berlaku, dan selalu disiplin dalam mengimplementasikan protokol kesehatan. "Kami sampaikan juga bahwa di Bandara Kualanamu tersedia fasilitas vaksinasi Covid-19, sehingga penumpang bisa mendaftarkan diri langsung untuk mendapatkan suntikan vaksin," ucap Dedi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement