Rabu 28 Sep 2022 22:39 WIB

Jokowi Janjikan Infrastruktur Pendukung Kota Sofifi Maluku Utara

UMKM Maluku Utara dinilai sudah dibangun dengan profesional.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ilham Tirta
Presiden Jokowi.
Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan
Presiden Jokowi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Kota Sofifi di Provinsi Maluku Utara diperkirakan akan menjadi pusat pertumbuhan baru di masa mendatang. Hal ini disampaikannya setelah meninjau UKM Mart, Kelurahan Sofifi, Kota Tidore Kepulauan, Rabu (28/9/2022).

“Kota Sofifi menjadi pusat pemerintahan Provinsi Maluku Utara dan dinas-dinas sudah pindah ke sini, ini juga akan menjadi titik pertumbuhan baru ke depan,” kata Jokowi, dikutip dari siaran pers Istana.

Baca Juga

Namun sebagai sebuah ibu kota provinsi, Kota Sofifi masih harus dilengkapi dengan sarana infrastruktur lainnya. “Memang ada beberapa infrastruktur yang masih perlu di-back up oleh pemerintah pusat, pelabuhan, airport yang dekat di sini,” ujarnya.

Mengenai bentuk skema dari investasi infrastruktur yang akan dibangun, Jokowi akan menyampaikan setelah diputuskan. “Tadi saya sudah juga diskusi panjang dengan Pak Gubernur nanti skema yang kita cari. Segera saya info setelah ketemu,” ujar dia.

Dalam tinjauannya, Jokowi menilai cara pengembangan UMKM di Provinsi Maluku Utara sudah sangat profesional. Produk yang dihasilkan, kata dia, sudah bagus.

"Packaging-nya bagus, branding-nya bagus, dan khusus untuk UMKM Mart ini penyajian barang, display semuanya baik,” kata dia.

Jokowi mengatakan, upaya Maluku Utara dalam mengembangkan UMKM tersebut bisa dicontoh oleh provinsi lainnya. “Ini saya kira yang harus ditiru oleh provinsi lain. Sekali lagi, Provinsi Maluku Utara untuk urusan pengembangan kompetensi UMKM sangat baik, saya ngomong apa adanya, sangat baik,” ujar Jokowi.

Di UKM Mart ini, ia memuji cara pengemasan yang dilakukan karena sangat rapi dengan desain menarik. Setelah meninjau UKM Mart, Jokowi menandatangani prasasti peresmian UKM Mart sebagai pusat oleh-oleh Maluku Utara.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement