Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

13 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Google Ganti Suara Text to Speech di Seluruh Aplikasi Android

Jumat 30 Sep 2022 05:25 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Friska Yolandha

Mesin bicara Speech Services Google sedang diperbarui untuk meningkatkan kejelasan dan membuat suara text-to-speech di aplikasi Android terdengar lebih alami.

Mesin bicara Speech Services Google sedang diperbarui untuk meningkatkan kejelasan dan membuat suara text-to-speech di aplikasi Android terdengar lebih alami.

Foto: AP Photo/Michel Euler
Pembaruan suara diunduh secara otomatis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mesin bicara Speech Services Google sedang diperbarui untuk meningkatkan kejelasan dan membuat suara text-to-speech di aplikasi Android terdengar lebih alami. Pengguna dapat mendengar sendiri perbedaan antara suara lama dan suara yang diperbarui melalui cuplikan yang telah direkam sebelumnya di Android Developers Blog.

Meskipun suaranya terdengar lebih jelas, tidak berarti itu terdengar lebih alami. Selain itu, masih sulit juga dipastikan kalimat yang sebenarnya diucapkan. Semua 421 suara dalam 67 bahasa di sistem mendapatkan model suara dan synthesizer baru.

Baca Juga

Suara default saat ini dalam tersedia dalam bahasa Inggris-AS dan berubah menjadi suara yang dibuat menggunakan data speaker yang lebih baru. Ini bersama dengan pembaruan lainnya menghasilkan peningkatan yang dapat dikenali dari suara default sebelumnya. Selain itu, pengguna juga dapat mendengarkan bagaimana suara yang diperbarui terdengar dalam bahasa seperti “Spanyol-AS” dan "Brasil-Portugis."

Dilansir The Verge, Jumat (30/9/2022), kabar pembaruan mengungkapkan orang yang sudah menggunakan teknologi text-to-speech tidak perlu melakukan apa pun untuk menerima suara baru karena pembaruan diunduh secara otomatis. Daftarnya di Google Play Store menyatakan bahwa layanan ini sudah digunakan oleh berbagai aplikasi asli seperti Google Maps, Google Translate, dan aplikasi Android Recorder.

Jadi, kemungkinan besar jika pengguna menggunakan perangkat Android, mungkin sudah menggunakan Speech Services oleh mesin pidato Google, bahkan jika pengguna tidak mengetahuinya. Pembaruan akan diluncurkan selama beberapa pekan ke depan untuk semua perangkat Android 64-bit melalui Google Play Store.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile