Angka DBD Naik Dua Kali Lipat, Pemkot Imbau Masyarakat tak Lakukan Fogging Mandiri

Rep: C02/ Red: Muhammad Fakhruddin

Angka DBD Naik Dua Kali Lipat, Pemkot Imbau Masyarakat tak Lakukan Fogging Mandiri (ilustrasi).
Angka DBD Naik Dua Kali Lipat, Pemkot Imbau Masyarakat tak Lakukan Fogging Mandiri (ilustrasi). | Foto: ANTARA/Irwansyah Putra

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO -– Meski angka demam berdarah dengue (DBD) Kota Solo naik dua kali lipat, Dinas Kesehatan (Dinkes) menghimbau masyarakat tidak melakukan fogging melalui lembaga tidak resmi atau mandiri. 

Pihak Dinkes mengatakan bahwa diperlukan prosedur fogging dimana dilakukan penyesuaian mulai dari radius, alat serta komposisi obat. Biasanya untuk dapat memusnahkan nyamuk DBD fogging dilakukan dua kali. Tak hanya itu, pemberian obat seperti larva sidat juga mesti sesuai agar tak menimbulkan risiko keracunan.

"Komposisinya harus sesuai dan diatur mulai dari obat, solar, bensin, ada komposisinya. Jadi jangan sampai hanya bau tetapi tidak mematikan, justru itu hanya membuat (nyamuk) resistance," ucapnya.

Pihaknya menjelaskan bahwa kegiatan pembasmian bisa berupa preventif ataupun represif mulai dari fogging, pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Pasalnya untuk epidemiologi diperlukan kasus dari hasil penyelidikan.

Baca Juga

"Kita kan harus butuh laporan, baru kita melakukan penyelidikan epidemiologi. Kalau DBD baru dilakukan penyelidikan epidemiologi, dilakukan sesuai rekomendasi, PSN atau fogging plus PSN," kata Siti.

Ia mengungkapkan, selama ini pihaknya tidak merekomendasi fogging yang dilakukan secara mandiri. Namun memang pihaknya juga tidak melarang. Akan tetapi memang bijaknya adalah fogging dilakukan melalui dinas.

"Harusnya izin, izinnya ke dinas bukan ke puskesmas. Sebenarnya pemerintah tidak mempersulit dan anggarannya di Solo ini sangat cukup," pungkasnya.

 

Terkait


Curah Hujan Tinggi, Waspada Lonjakan Kasus DBD 

Pemkot Jakbar Imbau Warga Waspada DBD Meski Trennya Turun

Petugas Fogging di Pemukiman Padat Mampang Prapatan

Kasus DBD di Yogyakarta Meningkat Capai 142 Kasus

Anggota DPRD Tangsel Minta Pemkot Perhatikan Drainase untuk Cegah DBD

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark