Selasa 25 Oct 2022 19:08 WIB

Petugas Masih Bersihkan Sisa Material Dampak Angin Kencang di Sidoarjo

Petugas gabungan bersihkan sisa material dampak angin kencang di Sidoarjo

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Sejumlah mobil yang terparkir tertimpa pohon di perumahan Kahuripan Nirwana Sidoarjo, Jawa Timur, Ahad (23/10/2022). Angin kencang disertai hujan deras yang menerjang di wilayah setempat mengakibatkan sebuah kaca hotel pecah dan puluhan pohon roboh.
Foto: ANTARA/Umarul Faruq
Sejumlah mobil yang terparkir tertimpa pohon di perumahan Kahuripan Nirwana Sidoarjo, Jawa Timur, Ahad (23/10/2022). Angin kencang disertai hujan deras yang menerjang di wilayah setempat mengakibatkan sebuah kaca hotel pecah dan puluhan pohon roboh.

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO - Sejumlah petugas masih membersihkan sisa material rumah yang beterbangan dampak musibah angin kencang yang melanda Desa Sidokepung, Sidoarjo Jawa Timur, pada Ahad (23/10/2022) supaya perbaikan rumah bisa dilakukan. Kabag SDM Polresta Sidoarjo Kompol Haris Darma Sucipto mengatakan petugas yang terlibat ikut melakukan pembersihan tersebut di antaranya TNI, Satpol PP, Linmas, Tagana, dan para relawan.

"Upaya pembersihan puing-puing bangunan yang berserakan akibat angin puting beliung di Sidokepung, Buduran, Sidoarjo, masih dilakukan berbagai pihak bersama warga," ujarnya, Selasa (25/10/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan, selain melakukan kerja bakti, pembenahan bangunan yang rusak, dan membantu di posko tanggap bencana, petugas gabungan juga mempersiapkan kebutuhan pokok warga terdampak, baik di posko maupun dapur umum. Sejak terjadinya bencana angin puting beliung di Kabupaten Sidoarjo, Polresta Sidoarjo menurunkan beberapa personel termasuk pegawai harian lepas di lingkup Polresta Sidoarjo.

"Mereka diturunkan untuk bersama-sama personel dari pihak lainnya melakukan kerja bakti pembersihan puing-puing reruntuhan bangunan dan pohon tumbang akibat terjangan angin puting beliung," ujarnya.

Kasi Humas Polresta Sidoarjo Iptu Tri Novi Handono mengimbau masyarakat agar selalu waspada di tengah cuaca buruk melanda belakangan ini. "Untuk masyarakat yang sedang berada di jalan raya saat hujan, disarankan berteduh di tempat aman atau jangan di bawah pohon besar. Serta tetap jaga stamina tubuh dengan pola makan bergizi dan asupan vitamin memadai," ujarnya.

Angin kencang yang melanda Desa Sidokepung dan Entalsewu Buduran, Sidoarjo membuat ratusan rumah mengalami kerusakan. Selain di dua desa tersebut, angin kencang yang berlangsung beberapa menit tersebut membawa terbang sejumlah atap rumah warga dan puluhan pohon tumbang di Perumahan Kahuripan Nirwana Village. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
قَالَ يٰقَوْمِ اَرَءَيْتُمْ اِنْ كُنْتُ عَلٰى بَيِّنَةٍ مِّنْ رَّبِّيْ وَرَزَقَنِيْ مِنْهُ رِزْقًا حَسَنًا وَّمَآ اُرِيْدُ اَنْ اُخَالِفَكُمْ اِلٰى مَآ اَنْهٰىكُمْ عَنْهُ ۗاِنْ اُرِيْدُ اِلَّا الْاِصْلَاحَ مَا اسْتَطَعْتُۗ وَمَا تَوْفِيْقِيْٓ اِلَّا بِاللّٰهِ ۗعَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْهِ اُنِيْبُ
Dia (Syuaib) berkata, “Wahai kaumku! Terangkan padaku jika aku mempunyai bukti yang nyata dari Tuhanku dan aku dianugerahi-Nya rezeki yang baik (pantaskah aku menyalahi perintah-Nya)? Aku tidak bermaksud menyalahi kamu terhadap apa yang aku larang darinya. Aku hanya bermaksud (mendatangkan) perbaikan selama aku masih sanggup. Dan petunjuk yang aku ikuti hanya dari Allah. Kepada-Nya aku bertawakal dan kepada-Nya (pula) aku kembali.

(QS. Hud ayat 88)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement