Selasa 01 Nov 2022 22:44 WIB

Pembuktian Cristiano Ronaldo di Liga Europa

Ronaldo tak patah semangat untuk membuktikan bahwa dirinya masih tajam.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Cristiano Ronaldo dari Manchester United merayakan setelah mencetak gol ketiga timnya selama pertandingan sepak bola grup E Liga Eropa antara Manchester United dan Sheriff di Old Trafford di Manchester, Inggris, Kamis 27 Oktober 2022.
Foto: AP/Jon Super
Cristiano Ronaldo dari Manchester United merayakan setelah mencetak gol ketiga timnya selama pertandingan sepak bola grup E Liga Eropa antara Manchester United dan Sheriff di Old Trafford di Manchester, Inggris, Kamis 27 Oktober 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Cristiano Ronaldo menandai dirinya kembali ke skuad utama Manchester United dengan menyumbang satu gol ketika timnya menang 3-0 atas Sheriff Tiraspol dalam laga kelima penyisihan Grup E Liga Europa, di Stadion Old Trafford, Jumat (28/10) dini hari WIB. Ronaldo sempat dikeluarkan dari skuad utama oleh pelatih Man United Erik ten Hag sebagai hukuman atas sikapnya yang menuju ke ruang ganti sebelum laga berakhir ketika melawan Tottenham Hotspur di Liga Inggris.

Ronaldo tak ada di dalam daftar skuad Iblis Merah ketika bermain imbang 1-1 melawan Chelsea. Namun Ten Hag mengizinkannya lagi bergabung ke skuad utama sebelum pertandingan Liga Europa. Ten Hag memainkan Ronaldo di laga tersebut secara penuh.

Baca Juga

Ronaldo tampak kesulitan menjebol gawang Sheriff. Sejumlah peluang emasnya berhasil dipatahkan oleh kiper lawan atau beberapa tembakannya tak tepat sasaran. Justru sundulan bek Man United Diogo Dalot sebelum turun minum yang menjebol gawang Sheriff untuk membawa tuan rumah unggul 1-0.

Ronaldo tak patah semangat untuk membuktikan bahwa dirinya masih tajam dalam urusan gol. Namun mantan bintang Real Madrid itu harus menunggu hingga menit ke-81 untuk mencetak gol ketiga Iblis Merah, setelah Marcus Rashford pada menit ke-65 membawa tim tuan rumah unggul 2-0.

Man United benar-benar mendominasi permainan sepanjang laga. Dalam catatan statistik pertandingan, Iblis Merah menguasai 75 persen penguasaan bola berbanding dengan 25 persen milik Sheriff.

Setelah pertandingan, Ronaldo mengirim pesan kepada seluruh rekannya melalui akun Twitter pribadinya agar menjaga kekompakan. “Upaya tim yang hebat dan kemenangan yang bagus. Kami berdiri bersama. Ayo pergi, bersatu!” tulis Ronaldo dilansir dari Mirror.

Ten Hag yakin Ronaldo akan terus mencetak gol setelah kembali ke starting XI melawan Sheriff. Ten Hag menyebut CR7, julukan Ronaldo, sebagai pemain yang hebat. Ronaldo dapat menciptakan peluang dan sebaliknya tim juga membuka peluang untuk Ronaldo. “Dia membutuhkan gol untuk mengatasi poin itu dan saya yakin dia akan mendapatkan lebih banyak gol,” ujarnya.

Pelatih asal Belanda itu juga ingin Ronaldo dan Marcus Rashford bermain berdekatan. Itu sebabnya Ten Hag menarik keluar Antony dan memasukkan Rashford. Keputusan itu berbuah hasil, Rashford dan Ronaldo secara bergantian mencetak gol.

Secara keseluruhan Ten Hag menilai kinerja para pemainnya berjalan baik. Ten Hag senang Man United dapat mencapatkan clean sheet, meskipun di babak pertama sempat kesulitan mencetak gol. Pekerjaan Ten Hag selanjutnya yakni memperbaiki permainannya agar lebih efektif dalam menyerang.

Man United saat ini masih bertengger di posisi kedua klasemen Grup E Liga Europa dengan mengemas 12 poin. Iblis Merah terpaut tiga poin dari pemuncak klasemen, Real Sociedad. Sementara Sheriff ada di urutan ketiga dengan mengumpulkan tiga poin.

Man United akan menghadapi Sociedad di laga terakhir grup, Kamis (3/11/2022) untuk memastikan siapa yang akan menjadi juara Grup E.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement