Rabu 02 Nov 2022 16:43 WIB

Wali Kota Bandung Izinkan CFD tetapi Hanya untuk Olahraga

CFD sebelumnya ditiadakan karena pandemi Covid-19 sejak 2020.

Red: Andi Nur Aminah
Wali Kota Bandung Yana Mulyana
Foto: Republika/Dea Alvi Soraya
Wali Kota Bandung Yana Mulyana

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengizinkan Car Free Day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor kembali diadakan di sejumlah jalan raya. Namun dengan syarat CFD itu hanya untuk kegiatan olahraga bagi masyarakat.

Yana mengatakan saat ini kasus Covid-19 di Kota Bandung sudah terkendali seiring dengan masyarakat yang sudah divaksinasi. Sedangkan CFD sebelumnya ditiadakan karena pandemi Covid-19 sejak 2020.

Baca Juga

"Tapi, saya berharap CFD itu untuk sarana olahraga warga. Jangan jadi pusat pasar yang baru. PKL jangan terlalu banyak kalau bisa," kata dia di Bandung, Jawa Barat, Rabu (2/11/2022).

Kegiatan tersebut di Kota Bandung biasanya digelar di tiga titik, yakni Jalan Ir H Djuanda (Dago), Jalan Buahbatu, dan Car Free Night di Jalan Asia Afrika. Menurut dia, jika semua pihak berkomitmen menjaga kondisi CFD sesuai fungsinya untuk olahraga dan kebersihannya juga, maka CFD akan segera digelar kembali mulai 6 November 2022.

"Dishub, kepolisian, DLH akan terlibat juga akan membantu. Tapi harus untuk sarana olahraga," kata Yana.

Sejauh ini, kasus Covid-19 di Kota Bandung sebanyak 625 kasus aktif. Namun tingkat keterisian pasien Covid-19 di rumah sakit jumlahnya rendah karena sudah tidak separah saat terjadi penularan varian Delta. Angka vaksinasi penguat di Kota Bandung sudah melebihi 50 persen dari 2,1 juta orang yang ditargetkan mendapatkan vaksin.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement