Senin 12 Dec 2022 21:56 WIB

Sejumlah Perguruan Tinggi Raih UI GreenMetric World University Rankings 2022, Ada dari Kampusmu ?

UI GreenMetric merupakan inovasi UI yang dikenal luas di dunia internasional.

Rep: Kampus Republika/ Red: Partner
.
Foto: network /Kampus Republika
.

UI GreenMetric merupakan satu-satunya<a href= pemeringkatan perguruan tinggi internasional yang dibuat oleh perguruan tinggi Indonesia. Foto : ui" />
UI GreenMetric merupakan satu-satunya pemeringkatan perguruan tinggi internasional yang dibuat oleh perguruan tinggi Indonesia. Foto : ui

Kampus—UI GreenMetric World University Rankings 2022 mengumumkan penghargaan pemeringkatan di bidang keberlanjutan untuk level Indonesia dan Internasional, di Balai Sidang UI, Kampus Depok, Jawa Barat, Senin (12/12/22). Untuk level Indonesia, Universitas Indonesia (UI) meraih predikat Kampus Berkelanjutan Terbaik, lalu Universitas Diponegoro, dan kemudian Universitas Gadjah Mada.

UI GreenMetric merupakan satu-satunya pemeringkatan perguruan tinggi internasional yang dibuat oleh perguruan tinggi Indonesia. UI GreenMetric merupakan inovasi UI yang dikenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi pada pengelolaan lingkungan hidup kampus. Kini, UI GreenMetric of World Universities semakin mendunia dan semakin banyak diikuti oleh perguruan tinggi di berbagai negara.

Pada tahun ini, jumlah peserta mencapai 1.050 universitas dari 85 negara di dunia, bertambah dari sebelumnya (2021) sebanyak 956 Perguruan Tinggi dari 80 negara. Di Indonesia, terdapat 126 Perguruan Tinggi yang telah berpartisipasi dalam UI GreenMetric. Penilaian UI GreenMetric 2021 dilandasi atas tiga pilar, yakni Lingkungan hidup, Economi, dan sosial dengan bobot indikator penilaian yang terdiri atas Keadaan dan Infrastruktur Kampus (15%), Energi dan Perubahan Iklim (21%), Pengelolaan Sampah (18%), Penggunaan Air (10%), Transportasi (18%), serta Pendidikan dan Riset (18%).

Berikutnya : Peraih Penghargaan GreenMetric World University Rankings 2022


Peraih Penghargaan GreenMetric World University Rankings 2022

The 2022 Most Sustainable University in Indonesia

1. Universitas Indonesia

2. Universitas Diponegoro

3. Universitas Gadjah Mada

4. IPB University

5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

6. Universitas Negeri Semarang

7. Universitas Sebelas Maret

8. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

9. Telkom University

10. Universitas Airlangga

The 2022 Most Sustainably Improved University : Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

The 2022 Most Active University in UI Greenmetric World University Rankings Network-Indonesia : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

The 2022 Most Sustainably Innovative University : Universitas Hasanuddin

The 2022 Best New Participating University : Institut Bio Scientia Internasional Indonesia

Rektor UI, Prof Ari Kuncoro mengapresiasi pemeringkatan UI GreenMetric yang berasal dari UI dan sudah mendunia seperti saat ini. “Pengelolaan perguruan tinggi untuk menjadi pusat perwujudan ekonomi hijau terus dilakukan. Dampak kegiatan kampus bagi lingkungan hidup, sosial, dan ekonomi masyarakat diupayakan dalam banyak program yang diinisiasi dosen. Kerja sama antar perguruan tinggi dunia maupun di Indonesia terlihat dari antusiasme untuk berpartisipasi dalam pemeringkatan ini dan melakukan transformasi di kampusnya,” kata Ari Kuncoro seperti dilansir laman UI.

UI GreenMetric telah membangun jejaring internasional yang kuat. Saat ini tercatat sebanyak 32 koordinator nasional dari 28 negara yang tersebar di Asia, Eropa, Amerika, dan Afrika. Para Koordinator nasional ini mengorganisir lokakarya UI GreenMetric di negaranya masing-masing.

Baca juga :

UI Peringkat Pertama di Indonesia dalam QS Asia University Rankings 2023

UI Masuk 10 Universitas Terbaik di Asia Tenggara Versi THE WUR 2022

25 Kampus Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2023, Ada Enam Kampus Swasta

IPB University Juara Umum Ajang Statistika Ria dan Festival Sains Data (Satria Data) 2022

IPB Juara Umum Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-35, Cek Kampusmu Peringkat Berapa ?

ITS Juara Umum Gemastik Tahun 2022

Ikuti informasi penting dari kampus.republika.co.id. Silakan memberi masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement