Rabu 14 Dec 2022 06:38 WIB

CDC: 92 Persen Kematian Covid-19 di Amerika Terjadi pada Kelompok Lansia

Sebanyak 92 persen kematian Covid-19 terjadi pada lansia 65 tahun ke atas.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Sebanyak 92 persen kematian Covid-19 terjadi pada lansia 65 tahun ke atas.
Foto: www.freepik.com.
Sebanyak 92 persen kematian Covid-19 terjadi pada lansia 65 tahun ke atas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang yang lebih tua selalu dikenal sebagai salah satu kelompok dengan risiko kematian tertinggi akibat Covid 19. Namun ternyata, dampak Covid-19 pada lansia kian menjadi bagian yang lebih besar dari sebelumnya.

Menurut data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), orang Amerika berusia 65 tahun ke atas menyumbang 92 persen dari semua kematian akibat virus. Menurut analisis ABC News, hal ini adalah pertama kalinya warga lanjut usia mengalami lebih dari sembilan dari 10 kematian sejak pandemi dimulai dan peningkatan drastis dari sekitar 58 persen kematian yang mereka alami pada musim panas 2021.

Baca Juga

Seorang ahli penyakit menular mengatakan kepada ABC News bahwa data tersebut menunjukkan kurangnya penguat yang diterima oleh populasi yang lebih tua. Hal itu menyebabkan dampak penyakit ini mengenai yang paling rentan saat perlindungan meningkat dalam populasi.

"Intinya adalah usia adalah faktor risiko paling kuat untuk kematian akibat Covid dan kami telah mengetahuinya selama ini,"ujar Peter Chin-Hong, spesialis penyakit menular di University of California, San Francisco, seperti dilansir dari laman ABCNews, Rabu  (14/12/2022).