Kamis 22 Dec 2022 09:35 WIB

Adaro Ajak Qatar Kembangkan Energi Hijau

Saat ini kontribusi energi hijau terhadap revenue Adaro total masih kecil.

Rep: Irfan Junaidi/ Red: Nidia Zuraya
Boy Thohir, President Director, PT Adaro Energy Tbk.
Foto: Dok. Pribadi
Boy Thohir, President Director, PT Adaro Energy Tbk.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Kekayaan negara Qatar menarik perhatian Presiden Direktur Adaro Energi, Garibaldi Thohir. Pihaknya ingin mengajak Qatar untuk bisa bersama-sama mengembangkan sumber energi yang lebih ramah lingkungan.

"Sovereign whealth fund Qatar kan besar sekali," ujar di Doha awal pekan ini. Kebetulan, menurut pengusaha yang biasa disapa Boy Thohir itu, Adaro juga sedang mengembangan industri hijau. 

Baca Juga

Pihaknya kini tengah mengembangkan smelter aluminium, pembangkit tenaga air, juga solar power plant."Kita ingin mengajak Qatar untuk masuk ke Indonesia. Selain punya uang, mereka kan juga punya teknologi," tutur dia. Boy melihat pengembangan solar power plant di Qatar sudah cukup maju. 

Rencana tersebut dijalankan seiring dengan program transformasi Adaro yang sedang berjalan. Transformasi Adaro, menurut dia, berlangsung dengan tetap mempertahankan model bisnis yang lama. Namun, proses yang lama itu dijalankan seefektif dan seefisien mungkin. 

Selain itu, Boy mengungkapkan bahwa Adaro juga mengembangkan smelter aluminium dan turunannya. "Nikel dan baterai untuk kendaraan listrik juga kita kembangkan," ujar dia. 

Dia mengakui bahwa saat ini memang kontribusi energi hijau terhadap revenue total masih kecil. Dia memperkirakan dalam 8-10 tahun ke depan, kontribusi dari sektor energi terbarukan bisa mencapai angka 20 persen. 

Boy menambahkan bahwa pengembangan sumber energi hijau ini juga mengikuti roadmap komitmen pemerintah untuk 2060 bisa zero carbon. Pihaknya juga menyatakan punya tanggung jawab untuk menjaga kelestarian planet ini demi anak cucu nanti. 

Khusus terkait dengan bahan baku baterai, Boy menjelaskan bahwa seluruh sumber daya alamnya ada di Indonesia. "Kita punya bauksit, kita punya nikel, kita punya cooper," tutur dia. 

Boy menegaskan bahwa jantung dari industri kendaraan listrik adalah baterai. Jadi, kata dia, siapa yang menguasai baterai, maka juga akan menguasai industri kendaraan listrik.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَدُّوْا لَوْ تَكْفُرُوْنَ كَمَا كَفَرُوْا فَتَكُوْنُوْنَ سَوَاۤءً فَلَا تَتَّخِذُوْا مِنْهُمْ اَوْلِيَاۤءَ حَتّٰى يُهَاجِرُوْا فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَخُذُوْهُمْ وَاقْتُلُوْهُمْ حَيْثُ وَجَدْتُّمُوْهُمْ ۖ وَلَا تَتَّخِذُوْا مِنْهُمْ وَلِيًّا وَّلَا نَصِيْرًاۙ
Mereka ingin agar kamu menjadi kafir sebagaimana mereka telah menjadi kafir, sehingga kamu menjadi sama (dengan mereka). Janganlah kamu jadikan dari antara mereka sebagai teman-teman(mu), sebelum mereka berpindah pada jalan Allah. Apabila mereka berpaling, maka tawanlah mereka dan bunuhlah mereka di mana pun mereka kamu temukan, dan janganlah kamu jadikan seorang pun di antara mereka sebagai teman setia dan penolong,

(QS. An-Nisa' ayat 89)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement