Jumat 23 Dec 2022 08:35 WIB

Kejar Target Rasio Kewirausahaan, Kemenkop Gelar Workshop Hingga Optimalisasi PLUT

Tercatat, jumlah UMKM di Tanah Air mencapai 64,2 juta unit usaha.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Gita Amanda
Produk kerajinan UMKM.  (ilustrasi).  Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop) terus berupaya meningkatkan target rasio kewirausahaan.
Foto: Republika/Wihdan
Produk kerajinan UMKM. (ilustrasi). Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop) terus berupaya meningkatkan target rasio kewirausahaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop) terus berupaya meningkatkan target rasio kewirausahaan. Tujuannya, agar tercapai rasio ideal dan mampu menyamai berbagai negara lain, salah satunya dengan menyelenggarakan Kampus Hebat Wirausaha Kuat di Universitas Dian Nuswantoro, Semarang.

Deputi Kewirausahaan Kemenkop Siti Azizah menyampaikan, Kampus Hebat Wirausaha Kuat merupakan rangkaian kampanye Pengembangan Kewirausahaan Nasional dalam rangka menyosialisasikan Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional 2021-2024. “Perguruan Tinggi merupakan lembaga yang sangat tepat untuk mencetak wirausaha baru yang inovatif. Melalui riset, yang merupakan kekuatan lembaga pendidikan tinggi, dapat membangun kewirausahaan dengan kompetensi tinggi,” kata dia dalam sambutannya secara daring pada kegiatan Kampus Hebat Wirausaha Kuat, di Universitas Dian Nuswantoro, Semarang, Rabu (21/12/2022) lalu.

Tercatat, jumlah UMKM di Tanah Air mencapai 64,2 juta unit usaha. Hanya saja angka itu belum berbanding lurus dengan rasio kewirausahaan Indonesia yang masih rendah atau baru mencapai 3,47 persen.

Angka itu tertinggal jauh dengan negara tetangga, seperti Thailand yang mencapai 4,2 persen, Malaysia 4,7 persen, bahkan Singapura yang sudah mencapai 8,7 persen. Azizah juga menekankan, perguruan tinggi mampu memberikan ruang belajar bagi mahasiswa untuk berlatih berwirausaha, memiliki kompetensi pendampingan, serta memiliki kemampuan untuk menciptakan invensi dan inovasi berbasis riset.