Jumat 23 Dec 2022 14:10 WIB

Kisah Alifian, Mahasiswa Disabilitas Netra Pertama Unair yang Jadi ASN di Kementerian

Alfian menciptakan buku saku untuk pegawai dengan disabilitas netra.

Rep: Kampus Republika/ Red: Partner
.
Foto: network /Kampus Republika
.

Alfian Andhika Yudhistira disabilitas netra lulusan Universitas Airlangga (Unair) yang menjadi ASN di Kementerian Desa. Foto : its
Alfian Andhika Yudhistira disabilitas netra lulusan Universitas Airlangga (Unair) yang menjadi ASN di Kementerian Desa. Foto : its

Kampus— Alfian Andhika Yudhistira merupakan merupakan seorang disabilitas netra yang berhasil menuntaskan pendidikannya di Universitas Airlangga (Unair). Alumnus Program Studi Antropologi angkatan 2016 saat ini bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan posisi analis sosial budaya Direktorat Jenderal Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal (Ditjen PPDT) Kementerian Desa.

Alfian saat ini juga sedang menempuh pendidikan magister kebijakan publik di FISIP Unair. Dia mengatakan, meski menjadi mahasiswa disabilitas netra pertama di Unair, sekaligus penerima beasiswa Bidikmisi, ia tidak menemui kesulitan berarti saat menempuh studi.

“Tidak ada kesulitan yang berarti, ya. Hanya saja harus adaptasi dari awal, perkenalan ke dosen-dosen. Kalau untuk urusan pertemanan tidak ada masalah,” ungkapnya seperti dilansir laman resmi ITS.

Walaupun mengalami keterbatasan, Alfian tetap semangat dalam menjalani perkuliahan hingga lulus tepat waktu. Ia punya cara tersendiri untuk memahami materi perkuliahan yang diberikan.

“Ada aplikasi pembaca layar. Kalau pasang aplikasi itu, apa yang ada di layar atau yang diketikkan lewat keyboard bisa dilakukan. Jadi tetap bisa membaca dan melakukan apa saja,” jelasnya.

Sosok orang tua menjadi motivasi bagi Alfian untuk terus merajut semangat dan asa. “Perjuangan orang tua tidak bisa dibayar tapi setidaknya bisa membuat orang tua lega karena anaknya bisa bekerja,” tutur laki-laki yang hobi bermain alat musik tersebut.

Kepedulian Alfian terhadap penyandang disabilitas netra membuatnya menciptakan sebuah buku saku dengan judul Enjoy Membangun Hubungan Kerja dengan Pegawai Disabilitas Netra. Buku tersebut ia tulis dengan tujuan untuk memberikan informasi mengenai pegawai dengan disabilitas netra dan kompetensi yang mereka miliki.

Buku saku tersebut dapat menjadi rujukan bagi seluruh instansi yang ada dalam menciptakan budaya kerja yang inklusif bagi tuna netra. Buku tersebut dibuat Alfian lengkap dengan video pendukung yang rutin dibagikan olehnya melalui kanal YouTube. Masyarakat dapat mengakses buku saku tersebut secara lengkap melalui link berikut http://sikapi.id/bekerja-dengan-disabilitas-netra-siapa-takuuuut/

Alfian berpesan kepada mahasiswa yang tengah menempuh studi untuk belajar dengan baik dan menuntaskan pendidikan dengan baik pula. “Menjadi mahasiswa tidak hanya lulus saja tapi tugasnya adalah bagaimana bisa mengimplementasikan ilmu yang didapat di kampus kepada masyarakat luas,” katanya.

Selain itu, Alfian turut mendukung menyandang disabilitas lainnya untuk senantiasa berproses. “Kita tidak bisa diam dan berpangku tangan saja. Sekarang sudah banyak peluang dan kesempatan. Tinggal bagaimana teman-teman mengasah kemampuan, meningkatkan kompetensi sehingga kita semua layak masuk ke peluang kerja yang ada,” ucapnya.

Baca juga :

Unair akan Terapkan Tes Kemampuan Akademik (TKA) pada Seleksi Jalur Madiri Tahun 2023

Begini Penanganan Post Trauma pada Korban Kanjuruhan Menurut Pakar Unair

Gas Air Mata Punya Kemampuan Melumpuhkan Manusia, Ini Penjelasan Pakar Unair

Mahasiswa Unair Ciptakan 'Patrick Spray', Deodorant Spray Alami dari Ekstrak Bintang Laut

Satu Keluarga Lulus Doktor dari FH Unair, Raih Tiga Rekor MURI

Mahasiswa Unair Ciptakan Gelatah, Bahan Bakar Ramah Lingkungan

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id.Silakan sampaikan masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement