Rabu 04 Jan 2023 17:31 WIB

Kasus Covid-19 dan Flu Meningkat, Inggris Kembali Imbau Warga untuk Gunakan Masker

Warga yang sakit atau bergejala diminta menggunakan masker di luar rumah.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Pencegahan Covid-19 (ilustrasi). Di Inggris, kasus Covid-19 dan flu sedang meningkat.
Foto: www.pixabay.com
Pencegahan Covid-19 (ilustrasi). Di Inggris, kasus Covid-19 dan flu sedang meningkat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Inggris sempat membebaskan warganya untuk tak menggunakan masker di masa pandemi. Namun, kasus Covid-19 dan flu yang semakin meningkat mendorong Inggris kembali menganjurkan penggunaan masker di luar rumah bagi warga yang sakit atau bergejala.

Dalam pernyataan resminya, Chief Medical Advisor UK Health Security Agency (UKHSA) Prof Susan Hopkins menganjurkan, warga berusia dewasa yang sedang sakit untuk berdiam diri di rumah. Namun, bila harus keluar rumah, mereka diminta menggunakan masker.

Baca Juga

Prof Hopkins juga mengimbau orang tua tak membiarkan anak-anak mereka yang sedang sakit atau demam ke sekolah atau tempat les. Anak yang sakit sebaiknya beristirahat di rumah terlebih dahulu sampai mereka membaik dan tak lagi demam.

"Ini penting untuk mengurangi penyebaran infeksi pada anak di sekolah, fasilitas pendidikan lain, serta prasekolah sebanyak mungkin," jelas Prof Hopkins, seperti dilansir The Sun, Rabu (4/1/2023).

Mengingat kasus flu juga sedang meningkat, Prof Hopkins menganjurkan anak-anak yang sudah memenuhi kelayakan untuk mendapatkan vaksin flu. Meski dapat memberikan manfaat besar, Prof Hopkins mengatakan tingkat vaksinasi flu pada anak masih rendah.

"Kita sudah melihat dampak baiknya pada kelompok lansia, tapi vaksinasi pada anak kecil masih rendah," ujar Prof Hopkins.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement