Kamis 05 Jan 2023 10:44 WIB

Hubungan dengan Mendes Memburuk, Ronaldo Diklaim Telah Tunjuk Agen Baru

Mendes tak akan dapat keuntungan finansial apapun dalam kepindahan Ronaldo.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
 Cristiano Ronaldo berbicara saat konferensi pers untuk perkenalan resminya sebagai anggota baru klub sepak bola Al Nassr di Riyadh, Arab Saudi, Selasa, 3 Januari 2023.
Foto: AP/Amr Nabil
Cristiano Ronaldo berbicara saat konferensi pers untuk perkenalan resminya sebagai anggota baru klub sepak bola Al Nassr di Riyadh, Arab Saudi, Selasa, 3 Januari 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Jorge Mendes dikabarkan tidak akan mendapatkan keuntungan finansial apapun dalam kepindahan Cristiano Ronaldo ke Al Nassr. Padahal, nyaris dalam 20 tahun terakhir, Mendes merupakan agen sekaligus perwakilan pengoleksi lima gelar pemain terbaik dunia (Ballon d'Or) tersebut.

Mendes dikenal sebagai salah satu agen pesepak bola terkemuka di kancah Benua Eropa. Selain Ronaldo, Mendes juga dikenal menjadi agen sejumlah pemain bintang, mulai dari Angel di Maria, Bernardo Silva, Ruben Dias, hingga James Rodriguez.

Baca Juga

Namun, dari deretan nama tersebut, Ronaldo kerap dianggap sebagai klien terbesar Mendes. Kendati begitu, dalam setahun terakhir, hubungan Ronaldo dengan Mendes dikabarkan mulai memburuk.

Berdasarkan lansiran A Bola, Mendes berusaha mencari klub baru buat Ronaldo pada awal musim ini, termasuk dengan kemungkinan kepindahan ke Arab Saudi. Namun, ujungnya, Ronaldo tetap bertahan bersama Man United.

Hubungan keduanya semakin memburuk saat Ronaldo melakukan wawancara dengan salah satu kolumnis The Sun, Piers Morgan, beberapa waktu lalu. Wawancara yang kerap dianggap sebagai awal dari akhir kiprah Ronaldo dalam kesempatan kedua memperkuat Man United. Ronaldo dan Man United pun sepakat untuk berpisah pada November 2023.

''Selama periode tersebut, hubungan Ronaldo dan Mendes sudah begitu buruk. Akhirnya, Ronaldo menunjuk manajer baru, Ricardo Regufe, untuk mengurus kepindahannya ke Al Nassr. Di sisi lain, Mendes tidak mendapatkan bayaran apapun untuk perannya dalam kepindahan tersebut,'' tulis laporan A Bola seperti dilansir SportsKeeda, Kamis (5/1/2023).

Kepindahan Ronaldo ke Al Nassr pun berujung dengan kesuksesan, meski harus menghabiskan waktu kurang lebih 40 hari dalam upaya negosiasi. Pemain berusia 37 tahun itu resmi menjadi penggawa anyar klub berjuluk Al Aalamy dengan ikatan kontrak selama dua setengah tahun dan bayaran hingga mencapai 200 juta euro per musim.

Tidak hanya itu, Regufe, yang telah dikenal Ronaldo sejak masih memperkuat Real Madrid, kabarnya akan mendapatkan komisi sebesar 26 juta poundsterling atas perannya dalam transfer tersebut. ''Selain itu, Regufe juga mulai mendapatkan peran penting dan menjadi orang kepercayaan Ronaldo,'' lanjut laporan A Bola tersebut.

Pergantian perwakilan ataupun agen ini dinilai menjadi salah satu titik terpenting dalam karier Ronaldo. Pasalnya, selama ini, Ronaldo begitu mengandalkan Mendes dalam mencari klub anyar untuk dirinya, termasuk saat hijrah ke Real Madrid dan Juventus.

Mendes pun terlibat aktif dalam berbagai kesepakatan komersial antara Ronaldo dan pihak sponsor. Kerja sama keduanya sudah dimulai sejak Ronaldo mengawali karier di Sporting Lisbon.

Baca juga : Kok Bisa, MU Memenangkan Enam Laga Beruntun?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement