Selasa 07 Feb 2023 08:21 WIB

Gempa Turki Termasuk Jenis Gempa Apa ? Ini Jenis-jenis Gempa Berdasarkan Penyebabnya

Gempa Tektonik adalah gempa yang disebabkan oleh pergeseran lempeng tektonik.

Rep: Kampus Republika/ Red: Partner
.
Foto: network /Kampus Republika
.

Gempa dengan magnitude 7,8 melanda Turki melanda Turki, Senin (06/02/2023). Ilustrasi. Foto : pixabay
Gempa dengan magnitude 7,8 melanda Turki melanda Turki, Senin (06/02/2023). Ilustrasi. Foto : pixabay

Kampus—Gempa dengan magnitude 7,8 yang melanda Turki dan Suriah, Senin (06/02/2023) menimbulkan banyak korban jiwa. Catatan sementara sampai Selasa (07/02/2023) korban gempa Turki dan Suriah mencapai tak kurang 3.823 jiwa. Gempa Turki ini termasuk jenis gempa apa ?

Gempa bumi merupakan sebuah guncangan hebat yang menjalar ke permukaan bumi yang disebabkan oleh gangguan di dalam litosfir (kulit bumi). Berdasarkan penyebabnya berikut adalah jenis-jenis gempa.

Gempa Tektonik

Gempa Tektonik adalah gempa yang disebabkan oleh pergeseran lempeng tektonik. Lempeng tektonik bumi kita ini terus bergerak, ada yang saling mendekat saling menjauh, atau saling menggeser secara horizontal. Karena tepian lempeng yang tidak rata, jika terjadi gesekan, maka timbullah friksi. Friksi ini kemudian mengakumulasi energi yang kemudian dapat melepaskan energi goncangan menjadi sebuah gempa.

Gempa Vulkanik

Gempa Vulkanik adalah gempa yang disebabkan oleh kegiatan gunung api. Magma yang berada pada kantong di bawah gunung mendapat tekanan dan melepaskan energinya secara tiba-tiba sehingga menimbulkan getaran tanah. Gempa vulkanik dapat menjadi gejala/petunjuk akan terjadinya letusan gunung berapi. Namun gempa vulkanik ini biasanya tidak merusak karena kekuatannya cukup kecil, sehingga hanya dirasakan oleh orang-orang yang berada dalam radius yang kecil saja dari sebuah gunung api.

Gempa Runtuhan

Gempa Reruntuhan adalah gempa lokal yang terjadi apabila suatu gua di daerah topografi karst atau di daerah pertambangan runtuh atau massa batuan yang cukup besar di sebuah lereng bukit runtuh/longsor. Kekuatan gempa akibat runtuhan massa batuan ini juga kecil sehingga tidak berbahaya.

Gempa Buatan

Gempa Buatan adalah gempa bumi yang disebabkan oleh aktivitas manusia. Misalnya dalam kegiatan eksplorasi bahan tambang atau untuk keperluan teknik sipil dalam rangka mencari batuan dasar (bedrock) sebagai dasar pondasi bangunan. Kekuatannya juga kecil sehingga tidak menimbulkan bahaya bagi manusia dan bangunan.

Gempa Turki terjadi Senin (06/02/2023) pukul 04.17 waktu setempat dengan pusat gempa di Kahramanmaras, Provinsi Gaziantep. Gempa Turki berdasarkan penyebabnya termasuk Gempa Tektonik.

Gempa sering terjadi Turki karena negara itu berada jalur gempa yang termasuk paling aktif di dunia. Di Turki terdapat dua patahan di Lempeng Anatolia. Patahan Anatolia Utara membentang antara Lempeng Anatolia dan Lempeng Eurasia di sebelah utara daratan Turki. Sedangkan , Patahan Anatolia Timur yang membentang di sepanjang Lempeng Arab hingga bagian tenggara Turki. Pergerakan di Patahan Anatolia Timur diduga menjadi penyebab gempa Turki.

Baca juga :

Ini yang Harus Dilakukan Sebelum, Saat, dan Sesudah Gempa Bumi Menurut BMKG

Gempa Cianjur Adalah Gempa Tektonik, Apa Itu Gempa Bumi Tektonik ?.

Ini Tips Menyelamatkan Diri Saat Terjadi Gempa dari Dosen UM Surabaya

Benarkah Gempa Cianjur Dipicu Sesar Cimandiri ? Ini Pendapat Dosen Unpad

Nagari Malampah Luluh Lantak Akibat Gempa Pasaman, Tim Unand Turun

Unand Padang Kirim Tim Tanggap Darurat ke Lokasi Gempa Pasaman Barat, Sumatera Barat

Hindari Dampak Angin Kencang, Ini Layanan Infomasi Cuaca 24 Jam dari BMKG

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id.Silakan sampaikan masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement