Rabu 08 Feb 2023 13:30 WIB

Info Buat Calon Mahasiswa STAN, Lulusannya tak Hanya Ditempatkan di Kemenkeu, Tapi Juga Bisa di KPK

Seleksi masuk STAN 2023 masih menggunakan nilai UTBK sebagai persyaratan administratif.

Rep: Kampus Republika/ Red: Partner
.
Foto: network /Kampus Republika
.

Lulusan Program Studi Diploma IV dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kemenkeu, Kementerian/Lembaga Lainnya, atau Pemerintah Daerah.Foto : stan
Lulusan Program Studi Diploma IV dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kemenkeu, Kementerian/Lembaga Lainnya, atau Pemerintah Daerah.Foto : stan

Kampus—Info buat calom mahasiswa Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN-STAN) atau STAN. Lulusan STAN tak melulu kerja di Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Lulusan STAN juga bisa ditempatkan di instansi lain termasuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sebanyak 50 CPNS lulusan Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN-STAN) menjadi CPNS angkatan pertama yang bergabung langsung dengan KPK. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Juang KPK, Jakarta, Kamis (02/02/2023).

Dirilis sosial media KPK, dalam momen pengarahan dan serah terima penugasan tersebut, turut hadir Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron beserta jajarannya. Nantinya, 50 personel baru lulusan STAN ini akan ditempatkan di sembilan unit kerja KPK.

Sebanyak 10 orang akan bertugas di Sekretariat Jenderal pada Biro Keuangan Bagian Pembendaharaan serta Bagian Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) dan Kerumahtanggaan. Sedangkan sebanyak 40 personel lainnya akan tersebar di setiap sekretariat Kedeputian, Dewan Pengawas, dan Inspektorat.

PKN STAN adalah perguruan tinggi kedinasan di bawah Kementerian Keuangan yang menyelenggarakan Program Pendidikan Vokasi di Bidang Keuangan Negara. Mulai tahun 2021 PKN STAN memiliki tiga Program Studi, yaitu Program Diploma IV Akuntansi Sektor Publik, Program Diploma IV Manajemen Keuangan Negara, Program Diploma IV Manajemen Aset Publik.

Lulusan Program Studi Diploma IV dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga Lainnya, atau Pemerintah Daerah sesuai dengan formasi/kebutuhan yang tersedia pada tahun yang bersangkutan.

Baca selengkapnya : Ingin Masuk STAN Tahun 2023 ? Ketahui Syarat dan Tahapan Seleksinya

Pembukaan pendaftaran STAN dilakukan bersamaan dengan pendaftaran sekolah kedinasan lainnya. Pihak STAN sudah mengumumkan bahwa seperti tahun sebelumnya, akan menggunakan nilai UjianTulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dilaksanakan oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) sebagai persyratan administratif. Para peserta yang berminat untuk mengikuti SPMB STAN tahun 2023 diminta agar dapat mengikuti UTBK-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) tahun 2023.

Baca juga : Ingin Masuk STAN Tahun 2023 ? Ketahui Syarat dan Tahapan Seleksinya

Hingga kini pendaftaran STAN belum dibuka. Tapi mengacu tahun 2022, pembukaan pendaftaran STAN dibuka pada bulan April.

Baca juga :

Seleksi Administrasi Masuk STAN Tahun 2023 Kembali Gunakan Nilai UTBK

Pendaftaran STAN 2022 Dibuka, Ini Kuota dan Syarat Lengkapnya

Mau Masuk STAN Tahun Ini ? Wajib Ikut UTBK 2022

Pendaftar STAN 2022 Sudah 13.339 Peserta, Simak Persaingannya Sejak 2013

Tes Masuk STAN 2022 Menggunakan Sistem Gugur, Ini Tahapannya

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id.Silakan sampaikan masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement