Jumat 10 Feb 2023 15:55 WIB

Ketua DPRD Komentari Kebijakan Parkir Berbayar di Sekitar Stadion Pakansari

Pemkab Bogor berencana menerapkan parkir berbayar di akses menuju stadion.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Erik Purnama Putra
Pengendara sepeda motor melintas di depan Stadion Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (29/10/2019).
Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Pengendara sepeda motor melintas di depan Stadion Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (29/10/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto turut menanggapi wacana parkir berbayar di sekitar Stadion Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Dia menilai, kebijakan tersebut jangan sampai mengganggu masyarakat.

Wacana parkir berbayar di sepanjang Jalan Kolonel Edy Yoso Martadipura, Kecamatan Cibinong, diajukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor. Menurut Rudy, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor saat penetapan kebijakan tersebut sudah melakukan kajian.

"Dan juga Pemkab Bogor (saat menentukan) kebijakan apapun jangan sampai mengganggu masyarakat," ujar politikus Partai Gerindra tersebut di Kabupaten Bogor, Jumat (10/2/2023).

Rudy mengakui, sangat mendukung langkah Pemkab Bogor untuk menata Kabupaten Bogor. Dengan catatan, kebijakan yang dikeluarkan tidak mengorbankan kepentingan masyarakat. "Intinya kita menata Bogor bersama-sama, tapi menata itu jangan sampai mengorbankan banyak kepentingan masyarakat," ujarnya.

Sebelumnya, Pemkab Bogor berencana menerapkan parkir berbayar di akses menuju kawasan Stadion Pakansari, Rencana itu mengacu kepada Peraturan Bupati Kawasan Tertib Lalu Lintas (Perbub PTL).

Kepala Dishub Kabupaten Bogor, Agus Ridallah, mengatakan, kawasan yang akan menjadi area parkir on the street ialah Jalan Kolonel Edy Yoso Martadipura. Penerapan parkir berbayar di bahu jalan ini juga terinspirasi dari kawasan pecinan Suryakencana, Kota Bogor.

Menurut Agus, salah satu pertimbangan diterapkannya parkir berbayar ini ialah karena kawasan tersebut tidak memiliki cukup banyak kantong parkir. Selain itu, kawasan itu menjadi salah satu sentra kuliner di Kabupaten Bogor.

"Karena memang kita butuh juga. Tidak mungkin semua area tidak diperbolehkan parkir gitu. Sementara kita kantong parkir nggak punya kan. Jadi mungkin kawasan Edy Yoso itu kita akan ada kekhususan untuk area parkir on the street," kata Agus.

Dia mengatakan, penerapan parkir berbayar ini akan mirip seperti retribusi wilayah. Rencananya parkir akan diterapkan di sepanjang jalan, mulai dari SPBU hingga lingkar Stadion Pakansari. "Nanti kita atur lebih lanjut seperti apa aturannya. Dari pom bensin sampai Pakansari," ujar Agus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement