Kamis 09 Mar 2023 18:40 WIB

Hipertensi tak Terkontrol Bisa Sebabkan Penyakit Ginjal

Salah satu ciri fungsi ginjal sudah terganggu yaitu urine berbusa.

Red: Qommarria Rostanti
Dokter memeriksa pasien dengan sakit ginjal (ilustrasi). hHpertensi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan munculnya penyakit ginjal.
Foto: pixabay
Dokter memeriksa pasien dengan sakit ginjal (ilustrasi). hHpertensi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan munculnya penyakit ginjal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Perhimpunan Nefrologi Indonesia (Pernefri) dr Aida Lydia mengatakan hipertensi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan munculnya penyakit ginjal. Pasalnya kondisi tersebut akan mempengaruhi kerusakan pada pembuluh darah ginjal.

"Kalau hipertensi yang tidak terkontrol, itu tentu lama-lama bisa menyebabkan gangguan ginjal karena dia merusak pembuluh darah, termasuk pembuluh darah ginjal," kata Aida yang juga berpraktik di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) itu dalam webinar "hari ginjal sedunia 2023" yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis (9/3/2023).

Baca Juga

Dia menjelaskan, tekanan darah yang tinggi akan diteruskan ke pembuluh darah di seluruh organ. Degan tekanan darah tinggi, maka lama-kelamaan pembuluh darah bisa rusak termasuk pembuluh darah di ginjal.

Saat pembuluh darah ginjal terganggu, maka lama-kelamaan juga dapat merusak ginjal itu sendiri. "Kalau hipertensi ini, dia seperti ayam dan telur. Ada orang yang hipertensi dulu, tidak terkontrol terus ginjalnya rusak. Ada orang yang ginjalnya dulu yang terganggu, kemudian juga menyebabkan hipertensi," kata Aida.

Oleh sebab itu, Aida mengingatkan pentingnya untuk menjaga tekanan darah agar selalu dalam kondisi normal. Apabila penderita hipertensi dianjurkan minum obat oleh dokter, maka tetap minum obat secara rutin.

Menurut Aida, persepsi di masyarakat masih banyak yang beranggapan bahwa meminum obat hipertensi secara terus-menerus dapat merusak ginjal. Anggapan tersebut keliru. Sebetulnya, kata Aida, yang merusak ginjal adalah penyakit hipertensinya sendiri.

"Bukan obatnya yang menyebabkan ginjal rusak tetapi hipertensinya. ini sering salah persepsi di kalangan awam," ujarnya.

Selain hipertensi, kondisi diabetes juga dapat memicu terjadinya penyakit ginjal. Hal ini karena kondisi diabetes juga dapat merusak pembuluh darah pada organ. Gula darah yang tinggi akan merusak sel-sel glomerulus yang berfungsi sebagai filtrasi atau penyaring darah.

"Kalau filtrasinya itu rusak, maka terjadi kebocoran-kebocoran protein yang seharusnya tidak keluar di urine," ujar Aida.

Menurut Aida, salah satu ciri fungsi ginjal sudah terganggu pada penderita diabetes yaitu urine yang keluar biasanya berbusa. Apabila diperiksa lebih lanjut, protein yang terkandung di dalam urine juga banyak. Kondisi ini, kata Aida, akan merusak sel-sel ginjal lebih lanjut.

Untuk dapat mengetahui dan memastikan fungsi ginjal, Aida mengatakan maka perlu juga dilakukannya serangkaian pemeriksaan urine dan darah. Pada pemeriksaan urine, dokter akan memastikan apakah ada kebocoran albumin atau protein dalam jumlah yang berlebih dan secara terus-menerus serta menganalisa apakah ada sel darah merah yang keluar berlebihan. Pada pemeriksaan darah, maka akan dilakukan pemeriksaan nilai ureum dan kreatinin, terutama kreatinin untuk bisa mendapatkan perkiraan laju glomerulus.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement