Rabu 15 Mar 2023 11:15 WIB

JQR Serahkan Uang dari Ridwan Kamil ke Siswa SMP di Tasikmalaya yang Viral Bantu Teman

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyerahkan dana pendidikan sebesar Rp 25 juta.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Gita Amanda
 Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengintruksikan Jabar Quick Response untuk memberikan apresiasi kepada Rafi dan teman-teman sekelasnya yang inisiatif memberikan sepatu untuk Rafi. (ilustrasi).
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengintruksikan Jabar Quick Response untuk memberikan apresiasi kepada Rafi dan teman-teman sekelasnya yang inisiatif memberikan sepatu untuk Rafi. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kisah inspiratif dari para siswa SMP di Tasikmalaya, Jawa Barat viral  diperbincangkan di media sosial. Karena, para siswa tersebut udunan (urunan) untuk membelikan sepatu baru bagi  teman kelasnya yang selalu memakai sepatu yang sudah bolong.

Kisah inspiratif ini datang dari siswa di kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Tasikmalaya. Dari urunan satu kelasnya itu, mereka berhasil mengumpulkan uang sebesar Rp 200 ribu dan dibelikan sepatu baru untuk temannya yang diketahui bernama Yandi.

Baca Juga

Sebelumnya, aksi urunan satu kelas ini diinisiasi oleh temannya bernama Rafi. Karena Yandi setiap harinya selalu datang ke sekolah dengan menggunakan sepatu bolong.

Rafi dan teman kelasnya pun berinisiatif untuk urunan dan membeli sepatu baru bagi Yandi. Aksi inspiratif tersebut, membuat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengintruksikan Jabar Quick Response untuk memberikan apresiasi kepada Rafi dan teman-teman sekelasnya itu.

Menurut Perwakilan Jabar Quick Response Mahesa El Gasani, setelah menemui Rafi, Yandi dan teman-temannya beserta para gurunya mengakui bahwa inisiatif urunan yang dilakukan anak didiknya itu tanpa sepengetahuan guru. Karena, memang anak didiknya itu memiliki jiwa saling tolong menolong yang sangat tinggi.

"Jadi memang mereka satu kelas ini kompak, guru-gurunya bahkan Wali Kelasnya mengakui kekompakan anak muridnya itu tidak harus di suruh-suruh," ujar Esa, Rabu (15/3/2023).

JQR sendiri, bersama Yayasan Rumah Yatim mewakili Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyerahkan dana pendidikan sebesar Rp 25 juta. Uang tersebut, akan diberikan kepada Yandi dan temannya serta biaya pengobatan orang tua Zaki teman sekelasnya yang sedang mengalami sakit.

Sementara sisa uang, kata dia, akan digunakan sekolah untuk membuat aksi sosial dan kegiatan-kegiatan kemanusiaan sesuai dengan amanat Gubernur Jabar Ridwan Kamil dengan tujuan agar siswa-siswi tersebut dilatih untuk terus berbuat baik.

"Kami berharap aksi yang dilakukan Rafi beserta teman sekelasnya itu dijadikan contoh untuk para pelajar lainnya," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement