Kunci Penderita Mag dan GERD Tetap Nyaman Jalankan Ibadah Puasa

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah

Jumat 24 Mar 2023 12:03 WIB

Banyak isu bahwa orang yang memiliki gangguan kesehatan seperti maag maupun Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) sulit menjalankan ibadah puasa. Foto: Flickr Banyak isu bahwa orang yang memiliki gangguan kesehatan seperti maag maupun Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) sulit menjalankan ibadah puasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak isu bahwa orang yang memiliki gangguan kesehatan seperti maag maupun Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) sulit menjalankan ibadah puasa. Benarkah demikian?

Spesialis Penyakit Dalam Eka Hospital BSD, dr Dedy Sudrajat, SpPD-KGEH menjelaskan, GERD adalah kondisi ketika asam lambung naik dari perut menuju kerongkongan (refluks asam). Sedangkan penyakit maag dalam dunia kedokteran disebut sebagai dispepsia atau gastritis, yakni penyakit akibat peradangan di dinding lambung. Kondisi ini biasanya ditandai nyeri pada ulu hati.

Baca Juga

"Dua gangguan kesehatan ini tentu akan mengganggu bagi orang yang akan menjalankan ibadah puasa, karena berkaitan dengan sistem cerna dan pengaturan jadwal makan yang berubah," ungkapnya dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Jumat (24/3/2023).

Lalu, bagaimana dengan orang dengan penyakit maag ataupun GERD dalam menjalankan ibadah puasa? Berikut adalah tips nyaman melakukan puasa bagi penderita maag juga GERD: