Sabtu 01 Apr 2023 21:21 WIB

Rakhmad Basuki: PSM Layak Juara

PSM memiliki pelatih Bernardo Tavares yang pintar dalam mengelola kondisi psikologis pemain.

Rep: dip purwadi/ Red: Partner
.
.

PSM Makassar. (Twitter/@PSM_Makassar)
PSM Makassar. (Twitter/@PSM_Makassar)

KARTUMERAH -- Carataker Pelatih Madura United, Rakhmad Basuki, mengakui PSM unggul dari segi permainan sehingga wajar menang atas timnya. PSM pun memastikan gelar juara BRI Liga 1 2022/2023 usai mengalahkan Madura United 3-1 pada pekan ke-32 di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Pamekasan, Jumat (31/3/2023) malam.

‘’Mereka memang pantas menjadi juara secara permainan mereka sangat kuat dalam bertahan, sangat efektif dalam menyerang. Inilah alasan kenapa mereka pantas jadi juara musim ini,” kata Rakhmad, seperti dikutip dari Ligaindonesiabaru.com, Sabtu (1/4/2023).

Selain faktor teknis, Rakhmad Basuki menilai PSM memiliki pelatih Bernardo Tavares yang pintar dalam mengelola kondisi psikologis pemain. Psikologis bisa menjadi pembeda dari hasil yang diraih oleh suatu tim dalam sebuah pertandingan.

“Di luar taktikal mereka yang sangat efektif, ternyata pelatih sangat pandai memainkan peran psikologis,” ungkap pria asal Madura itu.“Inilah salah satu penyebab mereka juara musim ini.”

Kekalahan kemarin membuat Madura United juga gagal mempertahankan rekor tak pernah kalah dari PSM di kandang sendiri. Kemenangan di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan pada Jumat (31/3/2023) malam tersebut membawa PSM memastikan gelar juara liga musim ini.

Ayam Jantan dari Timur, julukan PSM Makassar, merengkuh trofi juara dengan mengantongi 72 poin dari 32 pertandingan. Klub yang didirikan pada November 1915 ini masih menyisakan dua pertandingan.

Persib Bandung, pesaing terakhir yang masih menyisakan tiga pertandingan, tidak mungkin lagi mengejar poin milik PSM. Dengan saat ini mengantongi 59 poin di posisi kedua klasemen, Maung Bandung paling maksimal bisa mengakhiri musim dengan meraih 68 poin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement