Kamis 06 Apr 2023 15:19 WIB

Kia Motors Recall Mobil Listrik Soul Karena Baterai Korsleting

Kia berharap hanya satu persen mobil Soul EV yang bermasalah.

Red: Firkah fansuri
Kia Soul EV
Foto: Carscoops
Kia Soul EV

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Kia Motors menarik kembali mobil listriknya Soul EV dari model tahun 2015-2019 karena kemungkinan kebakaran, yang berasal dari korsleting di dalam paket baterai. Pembuat mobil asal Korea Selatan tersebut belum tahu persis apa yang menyebabkan kesalahan itu.

Secara keseluruhan, 2.689 kendaraan yang akan ditarik diharapkan Kia hanya satu persen yang benar-benar menunjukkan korsleting. Meskipun tiga insiden terkait telah dilaporkan (dua di Amerika Serikat dan satu di Kanada), Kia telah memastikan bahwa tidak ada cedera yang diderita oleh pemilik Soul EV.

Baca Juga

Carscoops melaporkan, Kamis (6/4/2023), produsen mobil pertama kali menyadari masalah ini pada Mei 2022, ketika seorang diler mencatat bahwa mereka melihat asap mengepul dari ventilasi baterai di bawah penumpang selama diagnosis Soul EV 2017. Untungnya, kerusakan akibat panas terbatas pada baterai kendaraan bertegangan tinggi.

Kasus kedua terjadi di Kanada pada bulan Oktober 2022. Dalam kejadian itu, pemilik berada di belakang kemudi saat melihat asap, dan kendaraan melambat hingga berhenti. Seperti kejadian pertama, kerusakan hanya sebatas baterai.