Melaka Targetkan Zakat Capai 5,8 juta ringgit

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil

Rabu 12 Apr 2023 23:41 WIB

  Zakat Fitrah (ILustrasi) Foto: Dok Republika Zakat Fitrah (ILustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,MELAKA -- Pengumpulan zakat fitrah Melaka diharapkan mencapai 5,8 juta ringgit tahun ini dibandingkan dengan 5,6 juta ringgit pada tahun lalu.

Wakil Ketua Pelaksana, Zuhri Iskandar A Rahman mengatakan, jumlah pembayar zakat fitrah tahun lalu juga meningkat menjadi 673.673 orang dibandingkan 2021 sebanyak 661.703 orang.

Baca Juga

“Tahun ini Zakat Melaka menunjuk 1.010 amil (pengumpul zakat fitrah) di seluruh negara bagian untuk mengumpulkan zakat fitrah sepanjang bulan Ramadhan," kata dia dilansir dari laman Bernama pada Rabu (12/4/2023).

Dia mengatakan, tarif zakat yang ditentukan untuk tahun ini adalah 7, 14 dan 21 ringgit dan pembayar zakat dapat memenuhi kewajibannya sesuai dengan kemampuan mereka.

Zuhri Iskandar mengatakan umat Islam di Melaka juga dapat membayar zakat fitrah melalui amil yang ditempatkan di masjid dan surau serta loket pembayaran di supermarket atau bazar Ramadan di negara bagian tersebut.

Dia melanjutkan, zakat Melaka juga menyediakan enam kanal online untuk kemudahan umat Islam. Mereka dapat menunaikan kewajiban rukun Islam keempat melalui Portal Zakat Melaka, Portal Melaka Pay atau unduh aplikasi Melaka Pay, dan QR Code Maybank Zakat Fitrah Center.

Terpopuler