Rabu 19 Apr 2023 03:07 WIB

Gerhana Matahari Hibrida 20 April 2023: Waktu, Lokasi, dan Link Satelit BMKG

Gerhana matahari hibrida adalah gabungan dari gerhana matahari total dan gerhana matahari cincin.

Rep: Ilham Tirta/ Red: Partner
.
.

Ilustrasi Gerhana Matahari Hibrida. Gerhana tersebut akan kembali disaksikan di Indonesia pada Kamis 20 April 2023. Gambar: ORPA BRIN
Ilustrasi Gerhana Matahari Hibrida. Gerhana tersebut akan kembali disaksikan di Indonesia pada Kamis 20 April 2023. Gambar: ORPA BRIN

ANTARIKSA -- Gerhana Matahari total kembali bisa disaksikan di Indonesia pada Kamis, 20 April 2023. Kali ini, tidak hanya gerhana matahari total, sebagian wilayah Indonesia akan menyaksikan gerhana matahari hibrida yang sangat langka.

Gerhana matahari hibrida adalah gabungan dari gerhana matahari total dan gerhana matahari cincin. Setiap tempat hanya akan bisa menyaksikan salah satu jenis gerhana tersebut.

Gerhana hibrida kali ini hanya bisa disaksikan di wilayah timur Indonesia. Sisanya, seluruh wilayah Indonesia akan menyaksikan gerhana Matahari sebagian, yaitu ketika sebagian sinar matahari tertutup oleh sebagian permukaan bulan saat mencapai puncak gerhananya. Gerhana matahari sebagian merupakan fase awal sebelum terjadi gerhana matahari total dan bentuknya menyerupai sabit cahaya.

Menurut Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa (ORPA) BRIN, ada 10 lokasi di Indonesia timur yang akan menerima pemandangan menakjubkan gerhana matahari hibrida. Sementara 38 Ibu Kota Provinsi di Indonesia akan menyaksikan gerhana matahari sebagian. Baca: Kalender Antariksa April 2023: Gerhana Matahari Hibrida - Puncak Hujan Meteor

Berikut adalah tabel lokasi, waktu, dan durasi gerhana matahari hibrida dan sebagian pada Kamis 20 April 2023, yang dirilis ORPA di akun twitter resminya:

Gambar: ORPA BRIN
Gambar: ORPA BRIN
Gambar: ORPA BRIN
Gambar: ORPA BRIN

Live Streaming BMKG

Saat Gerhana Matahari Hibrida 2023, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) akan melakukan pengamatan dengan citra satelit. BMKG akan menyediakan livestreaming pengamatan dan citra pengamatan untuk peristiwa tersebut.

Untuk melihat langsung pengamatan BMKG terhadap Gerhana Matahari Hibrida 20 April 2023, silahkan masuk ke link berikut: Sistem Informasi Observasi Gerhana Indonesia.

Baca juga:

Usai Gerhana Matahari 20 April 2023, Starship SpaceX akan Mengitari Bumi

Saat Gerhana Matahari 20 April 2023, Satelit NASA akan Jatuh Menghujam Bumi

Fase Bulan: Bulan Baru, Idul Fitri, dan Gerhana Matahari Hibrida

Malam Lailatul Qadar, Bulan akan Bertemu Saturnus Tengah Malam Ini

Malam Lailatul Qadar, Ada Galaksi Pusaran Air di Langit Malam Ini

Apa Itu Fase Bulan? Penampakan Bulan di Langit Malam

Ikuti ulasan lainnya dari Antariksa dengan subscribe di sini.

sumber : https://antariksa.republika.co.id/posts/211859/gerhana-matahari-hibrida-20-april-2023-waktu-lokasi-dan-link-satelit-bmkg
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement