Kamis 20 Apr 2023 06:47 WIB

Warga Bantul Diimbau tak Takbir Keliling Keluar Wilayah

Takbir keliling cukup di wilayah masing-masing atau dengan rute memutar kampung.

Red: Fernan Rahadi
Takbir keliling (ilustrasi)
Foto: Anadolu Agency
Takbir keliling (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengimbau masyarakat melaksanakan takbir keliling pada malam menjelang Idul Fitri 1444 Hijriyah asalkan rute tidak keluar wilayah atau jalan raya karena dapat mengganggu arus lalu lintas.

"Boleh dong takbir keliling, sekarang kan tidak ada pembatasan, Covid-19 sudah melandai, tidak ada lagi PPKM, tidak ada pembatasan sehingga silakan masyarakat melaksanakan takbir dalam rangka menyambut hari kemenangan," kata Kapolres Bantul AKBP Ihsan di Bantul, Rabu (20/4/2023).

Namun demikian, ia mengatakan takbir keliling cukup di wilayah masing-masing atau keliling dengan rute memutar kampung atau kelurahan masing-masing.

"Misalnya dari masyarakat Kecamatan Imogiri takbir keliling cukuplah putar-putar saja di Imogiri, tidak perlu ke kota, apalagi ke Lapangan Paseban Bantul, kan akhirnya ketemu jalan raya, kasihan masyarakat yang saat itu melintas," katanya.

Ia menjelaskan takbir keliling agar tidak keluar wilayah atau ke kota juga untuk mencegah berbagai kerawanan, misalnya mengganggu arus lalu lintas, bahkan kerawanan tawuran maupun pengeroyokan.

"Karena yang namanya banyak orang ketemu bisa seperti itu, jadi sekali lagi boleh takbir keliling, kita fasilitasi malahan, kita mengamankan, cuma tetap kita imbau seyogianya takbir cukup di wilayahnya masing-masing," katanya.

Ia mengatakan pada malam takbiran Polres Bantul dan jajaran akan menerjunkan kekuatan personel penuh untuk melakukan pengamanan, karena memang titik-titik masyarakat untuk mengumandangkan takbir bersama dalam menyambut hari Lebaran banyak.

"Jadi, semua anggota, staf kita libatkan bukan cuma operasional, tapi staf juga dalam rangka mengamankan malam takbiran, mudah-mudahan nanti semua berjalan dengan aman," katanya.

Apalagi, kata dia, dalam Lebaran tahun ini berdasarkan informasi akan ada dua kali takbiran karena sebagian masyarakat merayakan Lebaran pada 21 April dan sebagian pada 22 April 2023.

"Dan saya yakin kalau takbiran semua akan turun, tidak mengenal kelompok apapun, hari ini takbiran besok takbiran lagi. Sekarang saja sudah terlihat kalau mau sahur sudah ada takbiran, ketika saya tanya itu dalam rangka gladi bersih," kata Kapolres Ihsan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement