Kamis 20 Apr 2023 20:51 WIB

Moonbin Astro Dikenal Ceria, Mungkinkah Derita Smiling Depression?

Moonbin Astro terlihat ceria dan tersenyum di depan kamera.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Personel grup K-pop Astro, Moonbin. Moonbin ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di kediamannya di Gangnam, Seoul, Korea Selatan, pada Rabu (19/4/2023).
Foto: Instagram/officialastro
Personel grup K-pop Astro, Moonbin. Moonbin ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di kediamannya di Gangnam, Seoul, Korea Selatan, pada Rabu (19/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Penggemar grup K-pop Astro, Aroha, sedang berjuang untuk mengatasi kehilangan tiba-tiba dan tragis dari idolanya, Moonbin. Mereka saling memberi kenyamanan dan dukungan satu sama lain di media sosial, setelah berita kematian Moonbin pada Rabu (19/4/2023) malam.

Polisi setempat menduga kematian Moonbin karena bunuh diri. Moonbin dikenal selalu memberi rasa nyaman kepada penggemarnya lewat kata-katanya. Moonbin juga selalu terlihat ceria dan tersenyum di depan kamera. Karena itu, penggemar sangat terkejut dengan kabar kematian penyanyi berusia 25 tahun itu.

Baca Juga

Orang yang selalu terlihat ceria bukan berarti tidak mengalami stres atau depresi. Ada istilah populer yang menggambarkan kondisi itu, yakni smiling depression. Ini adalah istilah untuk seseorang yang hidup dengan depresi di dalam, tapi tampak sangat bahagia di luar.

Dilansir Health Line pada Kamis (20/4/2023), depresi memengaruhi setiap orang secara berbeda, yang paling menonjol adalah kesedihan mendalam dan panjang. Gejala klasiknya yakni pertama, perubahan nafsu makan, berat badan, dan tidur. Kedua, kelelahan atau kelesuan.