Kamis 27 Apr 2023 11:20 WIB

Segera Hapus! Inilah 19 Aplikasi Android Berbahaya

Pengguna Android diimbau segera menghapus aplikasi-aplikasi tersebut.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Saat ini ada 19 aplikasi Android yang terbukti dapat mencuri data pengguna dan perlu segera dihapus dari ponsel. /ilustrasi
Foto: EPA-EFE/MATTIA SEDDA
Saat ini ada 19 aplikasi Android yang terbukti dapat mencuri data pengguna dan perlu segera dihapus dari ponsel. /ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Saat ini ada 19 aplikasi Android yang terbukti dapat mencuri data pengguna dan perlu segera dihapus dari ponsel. Ironisnya, saat ini ada jutaan pengguna Android yang memasang aplikasi-aplikasi berbahaya tersebut pada ponsel mereka.

Kesembilan belas aplikasi Android berbahaya ini diungkapkan oleh perusahaan anti malware, Malwarefox, setelah melakukan sebuah riset. Malwarefox mengimbau para pengguna Android untuk segera menghapus aplikasi-aplikasi tersebut karena data pribadi mereka bisa dicuri untuk kemudian disalahgunakan, seperti untuk pemerasan.

Baca Juga

Menurut Malwarefox, perangkat Android cenderung lebih mudah untuk diretas dibandingkan dengan perangkat iOS. Para pelaku kejahatan siber biasanya menggunakan aplikasi untuk masuk ke dalam perangkat atau gawai pengguna.

Yang cukup mengkhawatirkan, sebagian besar pengguna Android tampak menggunakan aplikasi-aplikasi berbahaya ini tanpa berhati-hati. Padahal, semua aplikasi berbahaya ini memuat malware seperti adware, spyware, atau trojan.